Alasan Kereta Cepat Jakarta Bandung Surabaya Tidak Lewat Kota Cirebon: Lebih Irit Pembebasan Lahan

Alasan Kereta Cepat Jakarta Bandung Surabaya Tidak Lewat Kota Cirebon: Lebih Irit Pembebasan Lahan

Gubernur Jawa Barat saat showcase Kereta Cepat Jakarta Bandung yang kabarnya akan dilanjutkan sampai Surabaya.-Humas Jabar-Radarcirebon.com

Radarcirebon.com, CIREBON - Kereta Cepat Jakarta Bandung Surabaya, rupanya tidak akan melintasi pusat Kota Cirebon atau stasiun yang ada saat ini.

Pasalnya, rute Kereta Cepat Jakarta Bandung Surabaya berbeda. Bukan melintasi rel yang ada di sepanjang pesisir Pantai Utara Jawa.

Rel Kereta Cepat Jakarta Bandung Surabaya dibuat di sepanjang Jalan Tol Trans Jawa. Sehingga jalurnya berbeda.

Mengutip penjelasan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, nantinya kereta cepat tersebut melewati Bandung, Kertajati, Purwokerto, Yogyakarta, Madiun dan Surabaya.

BACA JUGA:Akhirnya! Pantai Kejawanan Cirebon Sudah Buka Lagi, Kapasitas Pengunjung Dibatasi, Wajib Vaksin

BACA JUGA:Pusat Agrowisata dan Edukasi Cikabon Targetkan Januari 2023 Ground Breaking

Sedangkan untuk lokasi stasiun, belum ditentukan. Yang pasti, di Majalengka yang merupakan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, pastinya akan ada titik pemberhentian.

Gubernur menjelaskan, rel kereta cepat nantinya akan dibuat di sepanjang jalan tol. Sehingga dari sisi biaya pembebasan lahan akan lebih murah dan mudah.

Hal ini serupa dengan konstruksi rel Kereta Cepat Jakarta Bandung yang berada di sepanjang jalan tol mulai dari Halim Perdana Kusumah di Jakarta Timur sampai ke Teggaluar di Bandung.

Menanggapi rencana Presiden Jokowi yang akan menghubungkan jalur kereta cepat sampai Surabaya, ia mendukung sepenuhnya dan meyakini akan lebih lancar karena telah belajar dari pengalaman pertama jalur Jakarta-Bandung.

BACA JUGA:Kereta Cepat Jakarta Bandung Surabaya, Tidak Lewat Kota Cirebon, Melipir di Jalan Tol

BACA JUGA:Semarak Menyambut Muktamar Ke-48 di Solo, SMK Muhammadiyah Ciledug Gelar Ini..

"Jadi saya kira manfaatnya jangka panjang dan rencana presiden meneruskan sampai Surabaya tentu kita dukung dan akan lebih mudah karena sudah punya pelajaran berharga sebelumnya," katanya.

Seperti diketahui, Showcase Uji Coba Operasi Kereta Cepat Jakarta - Bandung di Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, telah dilaksanakan, Rabu, 16, November 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: