Tips Perawatan Sepeda Motor di Musim Hujan, Perhatikan Bagian Ini

Tips Perawatan Sepeda Motor di Musim Hujan, Perhatikan Bagian Ini

Mencuci motor usai berkendara di musim hujan bermanfaat untuk menjaga komponen di motor agar tidak cepat rusak diakibatkan oleh air hujan. -DAM-RADAR CIREBON

Periksa alur atau kembang ban dari keausan dengan melihat tanda keausan ban di bagian tengah alur ban dengan adanya tonjolan di beberapa bagian yang bertanda ? yang tertera di samping ban. 

Penerangan jadi bagian penting yang harus diperhatikan dari sepeda motor. Pastikan semua fungsi sistem penerangan baik depan maupun belakang berfungsi dengan baik.

Periksa kondisi fisik dari lampu lampu tersebut dari retakan dan juga buram."Ini akan mempengaruhi cahaya dari lampu tersebut," tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan, pemberian pelumas secara berkala pada rantai roda juga penting dilakukan untuk tipe motor Cub & Sport. Ini untuk mencegah supaya tidak menimbulkan karat.

Hindari genangan air yang dalam pada saat hujan turun untuk mengantisipasi supaya motor tidak mogok akibat mesin dan sistem penggerak seperti rantai dan CVT terendam air.

"Disarankan setelah menggunakan motor pada saat musim hujan agar motor tersebut dicuci, selain kelihatan motor menjadi bersih juga menjaga agar setiap komponen di motor tersebut tidak cepat rusak diakibatkan oleh air hujan," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: