Mengenal Sesar Baribis Kendeng yang Melintasi Cirebon Menyimpan Potensi Gempa

Mengenal Sesar Baribis Kendeng yang Melintasi Cirebon Menyimpan Potensi Gempa

Warga berusaha keluar dari pusat perbelanjaan saat terjadi gempa di Kota Cirebon. Wilayah Cirebon berada di atas patahan yang bernama Sesar Baribis Kendeng.-Ist-radarcirebon.com

BACA JUGA:Garut Diguncang Gempa M 6.1, BNPB: 4 Rumah Rusak dan 1 Warga Luka Ringan

Berdasarkan data GNSS dari jaringan Badan Informasi Geospasial, menunjukkan adanya compression zone atau zona tekanan di wilayah selatan Jakarta.

Dijelaskan Endra, zona tekanan bisa berarti dua hal. Pertama, ada tekanan di bawah permukaan suatu gunung. Misalnya, sebelum gunung erupsi, zona tekanan tersebut akan terdeteksi.

Kedua, aktivitas sesar menaik dan turun di selatan Metropolitan Jakarta. Analisa ini didukung adanya laju geser 5 mm per tahun. Temuan laju geser patahan ini, juga telah dipublikasikan di Earth and Planetary Science Letters pada tahun 2017.

Menurut Endra, dengan adanya potensi kegempaan tersebut, sudah semestinya ditindaklanjuti dengan dilakukannya persiapan.

BACA JUGA:Peringati Hari Sukarelawan Internasional, Kawan Lama Group Gelar Donor Darah

Sebab, laju geser yang terakumulasi tahunan tersebut diasosiasikan dengan besarnya magnitudo gempa yang akan terjadi.

Kepada masyarakat, Endra merekomendasikan dilakukannya simulasi gempa dan tindakan yang harus dilakukan setidaknya 1 tahun sekali.

"Di Jepang misalnya, anak-anak SD sudah berlatih simulasi gempa. Di universitas juga ada simulasi gempa 1 tahun sekali," tulisnya, di artikel yang diterbitkan Jawa Pos.

Dengan adanya simulasi gempa tersebut, masyarakat mengetahui apa yang seharusnya dilakukan saat terjadi guncangan. Mereka juga dapat melakukan hal terukur dan pihak terkait juga terlatih dalam penanganannya.

BACA JUGA:Daihatsu Tantang Para Modifikator Otomotif dari Indonesia dan Malaysia

Karenanya, simulasi gempa tersebut perlu dilakukan di seluruh sektor seperti pendidikan, perkantoran, yang berada di zona rawan gempa.

Mengenal Sesar Baribis Kendeng

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Daryono mengungkapkan, Sesar Baribis Kendeng Cirebon 1 memiliki potensi gempa tertarget 6,5 magnitudo.

Menurut Daryono, sumber gempa dangkal di Jawa Barat diantaranya adalah Sesar Cimandiri, Sesar Baribis, Sesar Citarik, Sesar Cipamingkis, Sesar Lembang, dan Sesar Cirata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: