Kejuaraan Cabor DBON Tingkat Jawa Barat Resmi Ditutup, Tuan Rumah Runner-up Atletik

Kejuaraan Cabor DBON Tingkat Jawa Barat Resmi Ditutup, Tuan Rumah Runner-up Atletik

RESMI DITUTUP: Upacara penutupan Kejuaraan Cabang Olahraga DBON Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2022 sekaligus prosesi pengalungan medali para pemenang, Sabtu (3/12).--IGORNAS FOR RADAR CIREBON

CIREBON - Kejuaraan Cabang Olahraga DBON Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2022 telah selesai digelar. Kabupaten Cirebon sebagai tuan rumah, sukses menggelar kejuaraan yang digelar tanggal 1-3 Desember 2022 tersebut.

Ikatan Guru Olahraga Nasional (Igornas) Kabupaten Cirebon dipercaya jadi panitia penyelenggara. DBON merupakan kepanjangan dari Desain Besar Olahraga Nasional, fokus dan sasaran Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI.

Ada tiga cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan. Yakni, atletik, renang, dan bulutangkis. Atletik digelar di Stadion Ranggajati, renang digelar di Kolam Renang Hegar, sedangkan bulutangkis dilaksanakan di GOR Hamdalah.

BACA JUGA:Kabupaten Cirebon Tuan Rumah Kejuaraan Cabor DBON Tingkat Provinsi Jawa Barat

Untuk cabor atletik, Kota Bandung menjadi juara umum dengan 3 medali emas dan 1 perunggu. Disusul tuan rumah Kabupaten Cirebon yang meraih 2 emas, 4 perak dan 3 perunggu. Peringkat ketiga ada Kota Bekasi dengan 1 emas dan 1 perunggu.

Untuk medali cabor atletik, Kabupaten Cirebon meraih emas pada nomor tolak peluru dan lompat jauh. Sedangkan perak diraih dari nomor lari 100 meter, tolak peluru, dan lompat jauh (2 perak). Untuk perunggu, nomor lari 100 meter (2 perunggu) dan tolak peluru.

Di cabor renang, medali emas nomor 50 meter gaya kupu-kupu putra diraih M Summafabyano Fawwaz dari SMP Plus Genius (Generasi Islam Nusantara). Untuk kelompok putri, diraih Suci Dwi Rahayu (SMAN 5 Kota Tasikmalaya).

BACA JUGA:Keren! BPK Penabur Cirebon Kawin Gelar Juara di DBL Jawa Barat 2022

Di nomor 50 meter gaya punggung putra, emas diraih M Summafabyano Fawwaz (SMP Plus Genius). Untuk kelompok putri, emas diraih Suci Dwi Rahayu (SMAN 5 Kota Tasikmalaya).

Emas di nomor 50 meter gaya dada putra diraih Derrel Putra Perkasa (SMAN 1 Kota Tasikmalaya). Di kelompok putri, emas diraih Raya Adya Muklis (SMPN 1 Sukabumi).

Untuk 50 meter gaya bebas putra, medali emas ditorehkan Derrel Putra Perkasa (SMAN 1 Kota Tasikmalaya). Di kelompok putri, emas diraih Suci Dwi Rahayu (SMAN 5 Kota Tasikmalaya).

BACA JUGA:Keren, Taekwondo Kota Cirebon Juara Umum Liga Pelajar 6 di Kabupaten Bekasi

Di cabor bulutangkis nomor tunggal putri, tuan rumah Kabupaten Cirebon Berjaya. Adalah Iffah Amalia Azzahra, berhasil meraih medali emas. Dia mengalahkan Tammy Fesiaputri Ananda (Kabupaten Garut) di babak final. Untuk medali perunggu bersama, diraih Vadea Joani (Kabupaten Indramayu) dan Salma Adzahrah (Kabupaten Tasikmalaya).

Di nomor tunggal putra, medali emas ditorehkan Ghaisan Haidar Tsaqib (Kabupaten Kuningan), yang berhasil mengalahkan Rezky Kurniawan (Kabupaten Cirebon). Sedangkan medali perunggu bersama diraih Raihan Putra Sutisna (Kota Cirebon) serta Joseph Setiadi Tanoto (Kota Cirebon).

Perwakilan pengurus pusat Igornas Ganjar Ramdani Saputra mengucapkan terima kasih kepada Kabupaten Cirebon yang telah menjadi tuan rumah. “Semoga geliat olahraga di Kabupaten Cirebon akan semakin tinggi, sehingga mampu mencetak atlet-atlet berprestasi,” ungkapnya. (mid)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: