Gedung Lantai 5 Kemekuhamham Kebakaran, Pelayanan Keimigrasian Terganggu

Gedung Lantai 5 Kemekuhamham Kebakaran, Pelayanan Keimigrasian Terganggu

Ilustrasi kebakaran. Foto:-Pixabay-

JAKARTA, RADARCIREBON.COM – Pasca kebakaran yang terjadi di gedung Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Kamis 8 Desember 2022 siang, ad pelayanan Keimigrasian menjadi terganggu akibat terjadinya kebakaran di lantai 5 Gedung

Direktur Jenderal Imigrasi Widodo Ekatjahjana mengatakan dampak kebakaran Gedung Kemenkumham tersebut membuat Layanan Keimigrasian dialihkan secara online.

Selain itu kebakaran tersebut juga membuat pelayanan Paspor menjadi terhambat.

BACA JUGA:hasil pemeriksaan terbaru kasus ini bukan pemerkosaan. Melainkan suka sama suka. Ii tidak dilakukan dengan pak

"Kebakaran tersebut menyebabkan pelayanan keimigrasian seperti proses persetujuan visa, persetujuan izin tinggal hingga M-Paspor menjadi terhambat," ujar Widodo dalam keterangnnya kepada awak media, Kamis 8 Desember 2022.

Widodo menjelaskan beruntung saat kejadian kebakaran terjadi, para pegawai berhasil dievakuasi keluar dari dalam gedung.

"Sehubungan dengan kejadian ini, seluruh pagawai melakukan evakuasi dan keluar dari gedung serta melanjutkan pekerjaan dari rumah masing-masing. Kondisi ini menyebabkan adanya hambatan terhadap pelayanan keimigrasian," ujarnya.

BACA JUGA:Nilai Bantuan Renovasi Rumah Warga Korban Gempa Cianjur Bertambah

Widodo menegaskan dokumen dokumen penting Kemenkumham berhasil terselamatkan.

Kebakaran yang terjadi juga dipastikan tidak sampai membakar dokumen keimigrasian para tahanan WNA Ditjen Imigrasi atau Deteni.

"Alhamdulillah dokumen keimigrasian berhasil diselamatkan, tidak ada dokumen keimigrasian yang hancur. Para deteni juga sudah dievakuasi," ujarnya.

BACA JUGA:Sultan Sepuh Luqman Zulkaedin Akhirnya Tampil ke Publik, Ini yang Dia Bicarakan

Widodo katakan juga masyarakat ingin mengurus keimigrasian, bisa melalui online untuk saat ini dan mencari informasi melalui laman resmi Ditjen Imigrasi.

"Perkembangan situasi dan informasi terbaru mengenai pelayanan keimigrasian terkait peristiwa ini akan disampaikan secara resmi melalui akun resmi keimigrasian yaitu www.imigrasi.go.id dan akun Instagram resmi @ditjen_imigrasi," ujarnya.

Dikabarkan sebelumnya, sebuah ruangan yang ada di Lantai Lima Gedung Kemenkumham terbakar pada Kamis 8 Desember 2022.

BACA JUGA:SMAN 5 Cirebon Bakal Gelar Turnamen Volly untuk Jenjang SMP se-Jabar dan Jateng

Koordinator Humas Sekretariat Jenderal Kemenkumham, Tubagus Erif Faturahman menjelaskan ruangan yang terbakar tersebut hanyalah ruangan gudang biasa dan tidak tersimpan dokumen penting didalamnya.

"Bagian yang kebakaran ada di Gedung Sentra Mulya Kemenkumham," ujarnya.

Erif mengatakan hingga saat saat ini kobaran api sudah padam, dan petugas Damkar melakukan proses pendinginan.

"Petugas kebakaran sudah tiba memadamkan api," ujarnya.

Pelayanan Keimigrasian tersebdat yang diakibatkan adanya kejadian kebakaran yang terjadi di lantai 5 Gedung Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Kamis 8 Desember 2022. (jun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase