Penyebab Gempa Kuningan Hari Ini, BMKG: Diduga Sesar Baribis Segmen Ciremai

Penyebab Gempa Kuningan Hari Ini, BMKG: Diduga Sesar Baribis Segmen Ciremai

Gempa bumi di Kabupaten Kuningan hari ini diduga kuat dari Sesar Baribis Segmen Ciremai.-BPBD Kuningan-radarcirebon.com

Dampak Gempa Bumi

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan melaporkan terdapat 1 rumah yang mengalami rusak berat karena kejadian gempa bumi.

Namun, kerusakan rumah tersebut terjadi karena rentetan bencana yang terjadi akhir-akhir ini dan diperparah dengan adanya guncangan gempa bumi pagi tadi.

BACA JUGA:Gempa Terkini Kuningan Jawa Barat, Kesaksikan Warga: 4 Detik

BACA JUGA:Inilah 13 Aturan Pemasangan Tangki CNG Pada Kendaraan Roda Empat

Rumah tersebut sebelumnya terdampak longsor tanggul penahan tebing (TPT) bantaran Sungai Cipedak pada tanggal 8, Desember 2022.

Kondisi longsoran diperparah dengan intensitas hujan hari Rabu, 21, Desember 2022 yang cukup tinggi dan mengakibatkan retakan di rumah tersebut bertambah.

"Tadi pagi pasca gempa, tembok rumah ambruk. Atas rekomendasi BPBD, semenjak tanggal 8 Desember penghuni rumah atas nama Wiro Kuswara sudah dievakuasi sementara," demikian keterangan tertulis BPBD Kabupaten Kuningan.

BPBD Kabupaten Kuningan juga telah melakukan monitoring melalui Pusdalops PB serta meninjau langsung ke beberapa titik lokasi yang disinyalir dekat dengan pusat gempa.

BACA JUGA:Gempa Bumi Kuningan Jawa Barat Kategori Dangkal, Ada Sesar Aktif Ciremai, Cirebon, Baribis Kendeng

BACA JUGA:Gempa Bumi 3.8 Magnitudo Guncang Kuningan, BPBD Segera Lakukan Ini

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat.

Gempa bumi ini dirasakan di wilayah Kuningan dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Di Cirebon, Majalengka dengan Skala Intensitas II - III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang - Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Kendati demikian penyebab gempa Kuningan hari ini baru sebatas dugaan kuat dan masih harus mendapatkan penelitian lebih lanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: