Inilah Pesan BNPB Terhadap Wisatawan yang Berekreasi di Pegunungan dan Pantai

Inilah Pesan BNPB Terhadap Wisatawan yang Berekreasi di Pegunungan dan Pantai

Cuaca ekstrem terjadi di wilayah Kota dan Kabupaten Cirebon, ditandai dengan angin kencang di Losari Lor dan badai petir disertai hujan deras.-Ist-radarcirebon.com

JAKARTA, RADARCIREBON.COM - Warga yang saat ini tengah menikmati liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 diminta siap siaga terhadap cuaca ekstrem.

Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari mengatakan masyarakat yang berwisatadi kawasan sungai, air terjun, dan pantai perlu waspada

BACA JUGA:Selama 2022, Sebanyak 200 Ruas Jalan di Kabupaten Cirebon Diperbaiki

Untuk masyarakat yang berlibur di aliran sungai dan air terjun, katanya, terutama saat ini sedang tren berwisata glamping jika terjadi hujan lebat lebih dari dua jam harus bersiaga.

"Kalau terjadi hujan lebih dari 2 jam visibility (pandangan,red) kurang, maka segera dulu naik ke tempat yang lebih aman," ujar dia.

Dia meminta masyarakat untuk menunggu sampai hujan reda sekitar 1-2 jam. "Lihat apabila tidak terjadi peningkatan debit signifikan baru kembali lagi," ujar Abdul.

BACA JUGA:Memprihatinkan! Natalan di AS Tanpa Listrik Disertai Badai Salju

Kemudian untuk masyarakat yang berwisata di pinggir pantai, Abdul mengingatkan agar selalu memastikan informasi cuaca ekstrem dari BMKG

"Karena biasanya membawa gelombang pasang. Itu benar-benar ter-'update' di lokasi di mana sedang berwisata," ujar dia.

BACA JUGA:Cirebon Barat FC Yakin Lolos ke Babak Final Piala Soeratin Jawa Barat U-15

BMKG telah menyampaikan pada libur natal dan tahun baru 2023 potensi cuaca ekstrem masih ada karena adanya anomali cuaca di beberapa tempat.

Kementerian Perhubungan telah menyampaikan ada 44 juta masyarakat yang berpergian untuk liburan dan di tengah pandemi Covid-19 yang mulai landai, masyarakat sudah mulai bebas berpergian. (jun/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase