5 Akibat Kurang Minum Air Putih, Salah Satunya Bisa Meningkatkan Risiko Stroke

5 Akibat Kurang Minum Air Putih, Salah Satunya Bisa Meningkatkan Risiko Stroke

Manfaat minum air putih usai bangun tidur.-capture-Enervon

Saat tubuh terhidrasi, reseptor air di pencernaan menarik uap air untuk melunakkan tinja. Jika tubuh tidak memiliki cukup air, kotoran mungkin menjadi keras. 

Sehingga menyebabkan sembelit dan sulit untuk buang air besar. Beberapa efek samping juga dapat timbul, seperti kram dan sakit perut.

Tubuh juga membutuhkan air untuk menghasilkan urine. Padahal, buang air kecil dapat menjadi salah satu cara tubuh untuk menghilangkan limbah dan racun dari tubuh. 

BACA JUGA:Ternyata Mudah Lho! Ini Dia, Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk di Kulitmu!

Saat tubuh kesulitan buang air kecil secara teratur, tentu risiko untuk alami infeksi dapat meningkat secara signifikan. Beberapa gangguan yang bisa terjadi, antara lain batu ginjal dan ISK.

3. Dehidrasi

Penurunan asupan cairan atau kurangnya konsumsi air putih menyebabkan meningkatnya konsentrasi plasma dan menurunnya volume darah yang disebut dengan dehidrasi.

Hal ini menyebabkan peningkatan suhu tubuh (demam), nadi cepat tapi lemah, penurunan tekanan darah (hipotensi), frekuensi napas cepat, produksi urine menurun (oliguria), urine berwarna kuning gelap/pekat, membran mukosa kering, turgor kulit tidak elastis, hingga penurunan kesadaran (letargi).

BACA JUGA:Hati-Hati! Terlalu Banyak Konsumsi Soda Bisa Sebabkan Penyakit Ini!

4. Mengalami Brain Fog

Otak membutuhkan cairan yang cukup untu membuatnya berfungsi normal secara mental dan dalam jangka  waktu yang panjang.

Mengutip dari jurnal Nutriens, disebutkan jika minum air putih dapat meningkatkan kesehatan otak dan mencegah terjadinya penurunan memori serta penurunan kesadaran secara mental.

Jika kalian mengalami brain fog atau kabut mental, ada baiknya perbanyak konsumsi air putih.

BACA JUGA:Manfaat Air Garam yang Perlu Kamu Ketahui dan Berguna Untuk Kesehatanmu!

5. Gagal ginjal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: