Sejarah Nyi Rambut Kasih Majalengka, Istri Pertama Prabu Siliwangi dari Kerajaan Sindangkasih

Sejarah Nyi Rambut Kasih Majalengka, Istri Pertama Prabu Siliwangi dari Kerajaan Sindangkasih

Petilasan Nyi Rambut Kasih di Kampung Leuwilenggik, Kelurahan Sindangkasih, Kabupaten Majalengka. -Majalengka Explore-radarcirebon.com

Ambet Kasih dalam sejarah Cilacap dan Banyumasan yang mengacu pada Babad Pasir, memiliki 3 orang anak: 2 orang putra dan 1 orang putri, yaitu Banyak Catra (Kamandaka), Banyak Ngampar (Gagak Ngampar) dan Ratna Pamekas (Retna Ayu Mrana). 

Ada dua peristiwa yang mirip antara istri Prabu Siliwangi yaitu Nyai Subang Larang dan Nyai Ambetkasih.

BACA JUGA:Tahan Atas Guncangan Resesi 2023, Ridwan Kamil Ajak Masyarakat Belanja Produk Lokal

BACA JUGA:Daftar Investasi Ilegal Terbaru, Waspada Jangan Sampai Tertipu

Kedua istri tersebut tersingkir dari istana Pakuan Pajajaran. Sebab-sebab tersingkirnya Nyai Subang Larang tertulis dalam Naskah Mertasinga Cirebon. 

Selanjutnya Prabu Siliwangi III menikah dengan sepupunya yakni Kentring Manik Mayang Sunda, yang merupakan seorang putri dari Kerajaan Sunda di Pakuan Pajajaran. 

Dari perkawinanya dengan Kentring Manik Mayang Sunda dikarunia anak lelaki bernama Banyak Blabur (Surawisesa) dan Surasowan yang menjadi adipati Banten dan anak putri Surawati yang menikah dengan adipati Sunda Kelapa.

Ada dua tempat yang didedikasikan sebagai bentuk penghormatan yakni, kamar khusus di Pendopo Bupati Majalengka dan beberapa petilasan di Leuwilenggik, Kelurahan Sindangkasih. 

BACA JUGA:Sharp Kembangkan VR Canggih

BACA JUGA:Galian C Patapan diduga Ilegal, Pengelola: Izin Sedang Ditempuh

Demikian kisah dan sejarah Nyi Ambet Kasih atau Nyi Rambut kasih yang merupakan istri pertama dari Prabu Siliwangi dari Kerajaan Sindangkasih, Majalengka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: