SMAK PENABUR Gelar Live In Hingga Character Camp

SMAK PENABUR Gelar Live In Hingga Character Camp

Siswa-siswi kelas XI sedang mengikuti kegiatan Live In yang digelar selama 3 hari mulai 1-3 Februari 2023 lalu di Desa Argomulyo, Muntilan, Jawa Tengah.-JERRELL ZEFANYA T-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM  - SMAK PENABUR Cirebon kembali melakukan sejumlah kegiatan yang bertujuan untuk menumbuhkembangkan karakter daripada siswa-siswi. Kegiatan tersebut diantaranya Character Camp yang diperuntukan untuk siswa-siswi kelas X dan Live In yang diperuntukan bagi siswa-siswi kelas XI. Tampak siswa-siswi pun penuh semangat mengikuti kedua kegiatan tersebut.

Kepala SMAK PENABUR Cirebon, Gunawan SSi mengatakan Character Camp dan Live In merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh pihaknya untuk kelas X dan XI. Namun demikian, kegiatan tersebut sempat tertunda selama pandemi Covid-19 lalu. Hingga akhirnya dapat terlaksana kembali pada 2023 ini.

"Ini merupakan kegiatan rutin yang digelar SMAK PENABUR Cirebon. Kita sengaja gelar untuk memperkuat karakter para siswa-siswi khususnya di kelas X dan XI. Mulai dari kesisiplinan, keuletan, kerjasama, tangguh dan tidak gampang menyerah. Sehingga, selepas lulus nanti mereka punya karakter yang baik di lingkungan masyarakat," ujar Gunawan kepada Radar Cirebon (13/2).

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Character Camp, Netha Agustin Tjandra SPsi mengatakan, pihaknya mengadakan kegiatan tersebut pada 2-3 Februari 2023 di Bumi Perkemahan Cipaniis, Kabupaten Kuningan. Menurut Netha, kegiatan tersebut tujuannya lebih ditekankan kepada penanaman karakter bagi siswa-siswi kelas X.

BACA JUGA:Cara Bikin KTP Digital dari HP, Mudah dan Simpel Banget, Anti Ribet!

BACA JUGA:Persib vs PSM, Duel Klasik Sejak Era Perserikatan, Maung Bandung Hadapi Masalah

"Jadi kita ajarkan tentang karakter kedisiplinan, tanggungjawab, cinta tanah air, hingga tepat waktu. Pembelajarannya diimplementasikan dalam bentuk outbond, halang rintang, dan fun game lainnya. Seperti rayap tali satu, jaring mendarat, jembatan tali dua yang melewati sungai," ungkapnya.

"Untuk itu kita juga mengajak pembina dari Batalyon Arhanduse 14/PWY Cirebon yang mengajarkan sejumlah karakter tersebut dengan sejumlah aturan yang ada. Kita ingin mempersiapkan remaja yang tangguh di masa depan," tandasnya.

Masih di tempat yang sama, Ketua Pelaksana Live In, Widodo Satriyatmoko SPd menyampaikan, kegiatan Live In 2023 SMAK PENABUR Cirebon diadakan di Desa Argomulyo, Muntilan, Jawa Tengah pada 1-3 Februari 2023 lalu. Kegiatan tersebut berisi kegiatan pengabdian masyarakat hingga pembelajaran langsung dengan masyarakat di Lereng Merapi tersebut.

"Kita memang ingin mengajarkan kemampuan beradaptasi dan karakter-karakter yang baik dalam bersosialiasi. Maka itu kita minta siswa-siswi untuk bersama masyarakat melakukan aktivitas dan bisa belajar dari mereka (masyarakat, red)," ujarnya.

BACA JUGA:Kuasa Hukum Sebut Ferdy Sambo Siap Dihukum Mati, Tapi Kecewa dengan Vonis Putri

BACA JUGA:MENGGELITIK, Anggota Dewan Kuningan Diberi 'Jamu Kuat' , Terkait Pansus Gagal Bayar

Dalam kegiatan tersebut, siswa-siswi pun melakukan aktivitas sesuai dengan pekerjaan dari masing-masing warga. Ada yang berkebun, bertani, memasak, hingga pekerjaan lainnya. Diharapkan ke depannya, siswa-siswi bisa bertumbuh lebih baik dan siap memasuki lingkungan masyarakat yang sebenarnya.

"Tiga hari memang singkat. Tapi mudah-mudahan suasana dan karakter yang diajarkan bisa membawa siswa-siswi kami untuk semakin tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik lagi," tandasnya.

Terpisah, salah satu peserta Character Camp, Theodorus Samuel mengatakan, bahwa dirinya bersemangat dan sangat senang mengikuti kegiatan tersebut. Apalagi, dapat dilatih kepemimpinan bersama para anggota TNI. Sehingga, harapannya karakter yang sudah diajarkan bisa tertanam dan bermanfaat di kemudian hari.  

"Banyak yang bisa saya dapatkan seperti disiplin, tertib, menghormati orang lain, serta tidak mudah menyerah dalam menghadapi tantangan," ungkap siswa X IPA 1 itu.

BACA JUGA:Surat PSSI Tak Digubris KMSK Deinze saat Panggil Marselino Ferdinan Pulang, Kekuatan Timnas Terancam

BACA JUGA:Pesan dari Dokter Dina, Serangan Fajar Suami Istri Bagus untuk Kinerja Otak

Tak hanya itu, salah satu peserta Live In, Estella Nelvina menyampaikan, bahwa pelaksanaan Live In yang lalu dirasa seru dan bisa mengakrabkan seluruh siswa-siswi kelas XI. Termasuk juga bisa berkenalan dan bersosialisasi bersama warga di Muntilan. "Seneng juga bisa kenal sama warga-warga di sana dan diajak untuk muter-muter dan berinteraksi dengan warga sekitar juga alam di sana," tutur siswi XI IPA 1 itu.

Senada, peserta Live In lainnya, Herisman menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan tersebut dapat mengajarkan dirinya untuk bisa mandiri, bersyukur, dan survive di alam. Apalagi, dalam kegiatan tersebut banyak bersosialiasi dengan warga sekitar. "Dari Live In kemarin aku bisa belajar buat bisa bersosialisasi sama warga sekitar. Dan memang dengan kegiatannya seru banget," tutupnya. (jrl)

BACA JUGA:ATLET HEBAT! Bayanillah Siswa SMAN 7 Kota Cirebon Lolos Australia Tour SAC Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: