Napak Tilas Sekaligus Munggahan, Bupati Ajak Pejabat Ziarah ke Makam Wali

Napak Tilas Sekaligus Munggahan, Bupati Ajak Pejabat Ziarah ke Makam Wali

Kompleks Makam Gunung Jati yang diduga terdapat lambang mirip Freemason.-Dok-Radar Cirebon

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Bupati Cirebon Drs H Imron MAg beserta Wakil Bupati Cirebon Hj Ayu Tjiptaningsih SE MSi mengajak Forkopimda dan seluruh pejabat, untuk berziarah ke makam para wali.

Ziarah ini, dilakukan dalam rangka napak tilas hari jadi Kabupaten Cirebon yang ke 541, sekaligus melaksanakan tradisi munggahan, jelang masuknya bulan ramadan.

BACA JUGA:Polsek Kesambi Amankan MS Pelaku Curanmor di GSP, Polisi Buru Pelaku Lainnya

Imron mengatakan, dirinya bersama sejumlah pejabat dan Forkopimda, melakukan ziarah ke Makam Ki Buyut Trusmi dan juga makam Sunan Gunung Jati.

"Ziarah ini, dalam rangka napak tilas hari jadi Kabupaten Cirebon dan munggahan," ujar Imron, Senin 20 Maret 2023.

Imron membenarkan, bahwa tingkat kunjungan masyarakat di Makam Sunan Gunung Jati, mengalami peningkatan menjelang masuknya Bulan Ramadan ini.

BACA JUGA:15 Pucuk Senjata Api Dari Rumah Dito Mahendra Sedang Ditelusuri Asal-Usulnya

Hal tersebut dikarenakan adanya tradisi munggahan, yang masih banyak dilakukan oleh masyarakat Kabupaten Cirebon dan masyarakat lainnya di luar Cirebon.

"Karena munggahan, jadi kunjungan peziarah meningkat," kata Imron.

BACA JUGA:Tangani Kawasan Pemukiman, SMF Pugar Wajah Kumuh Pesisir Kota Cirebon

Saat berziarah, dirinya berdoa untuk kelancaran tugas dan amanah yang sedang diemban saat ini. Selain itu, ia juga berdoa agar bisa memberikan kemaslahatan dan kemajuan Kabupaten Cirebon, agar bisa sesuai dengan harapan para leluhur.

"Semoga bisa menjalankan kinerja dan amanah dengan baik, sehingga bisa merealisasikan harapan para leluhur," kata Imron. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase