Diprediksi Tampil Lawan Burundi di Leg 2 FIFA Match Day, Shayne Pattynama Sudah Tiba di Jakarta

Diprediksi Tampil Lawan Burundi di Leg 2 FIFA Match Day, Shayne Pattynama Sudah Tiba di Jakarta

Shayne Pattynama resmi menjadi warga negara Indonesia usai melaksanakan sumpah janji setia WNI di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham (Kanwil Kemenkumham) DKI Jakarta, Selasa 24 Januari 2023.-@PSSI-Twitter

JAKARTA, RADARCIREBON.COM – Indonesia kembali kedatangan pemain naturalisasi yang diprediksi akan memperkuat timnas saat lawan Burundi di leg kedua FIFA Match Day, Selasa 28 Maret 2023 besok.

Pemain naturalisasi yang sudah tiba di Indonesia adalah Shayne Pattynama. Bahkan, pemain Viking FK itu sudah bertemu dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Hal ini diketahui dari akun Instagram pribadi Erick Thohir yang memposting sebuah foto perbincangan dirinya dengan Shayne Pattynama.

BACA JUGA:Ridwan Kamil: Harga Pangan di Jawa Barat Relatif Terkendali

“Malam tadi saya bertemu Shayne Elian Jay [email protected], sensata setelah tiba di Jakarta dari Norwegia.”

“Ketika dijemput tim@pssi,  Shayne bilang kalau ia rindo sama masakan Indonesia. Kami lalu berbicang sambal menikmati nasi goreng dań pepla ikan kecombrang. Welcome back, Shayne ” tulis postingan Menteri BUMN, Seniun  27 Maret 2023.

Shayne Pattynama kini tengah berada di Indonesia untuk merampungkan proses naturalisasi dan mendapatkan paspor Indonesia.

BACA JUGA:Sejarah Jalan Lingkar Pertama di Kuningan, Diberi Nama Soekarno-Hatta, Dibangun Bupati Aang

Selain itu, ia juga disebut akan ikut latihan bersama Timnas Indonesia.

Sekadar informasi, Shayne seharusnya masuk dalam skuad Timnas Indonesia untuk partai FIFA matchday kontra Burundi pada 25 dan 28 Maret 2023.

Namun, ia tidak bisa tampil untuk pertama kalinya sejak sah menjadi WNI. Ini karena ternyata proses perpindahan kewarganegaraannya belum selesai 100 persen.

Secara undang-undang, ia resmi WNI, tapi secara federasi masih milik Belanda (KNVB). Proses perpindahan dari KNVB ke PSSI masih belum selesai.

BACA JUGA:Pendaftaran CPNS 2023 Jalur Sekolah Kedinasan Dibuka 1 April, Awas Kena Tipu, Ingat-ingat Pesan Menpan-RB

Oleh karena itu, Shayne Pattynama belum bisa mengenakan jersey lambang garuda di dada dalam kejuaraan resmi.

Shayne Pattynama sebenarnya dipanggil pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong untuk dua kali beruji coba dengan Burundi dalam FIFA Matchday pada 25 dan 28 Maret 2023.

Sementara itu, Shin Tae-yong telah mencoret nama Shayne Pattynama dari daftar pemain Timnas Indonesia.

Sebab, pesepak bola asal Viking FK di kasta teratas Liga Norwegia itu masih belum mendapatkan pengesahan terkait alih statusnya di FIFA.

BACA JUGA:Air Mata Ibunda AKBP Dody Tumpah di Persidangan, Anaknya Dituntut 20 Tahun Penjara Gara-gara Narkoba

Sebelumnya, Shayne Elian Jay Pattynama resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah pengambilan sumpah sebagai WNI di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dań Hak Asami Manusia, Jakarta 24 Januari 2023.

Shayne Elian Jay Pattynama atau  Shayne Pattynama, pemain Naturalisasi ke tiga di era kepelatihan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Bahkan, pemain jebolan Jong Utrecht, Belanda atas rekomendasi Shin Tae-yong sendiri.

BACA JUGA:Lihat! Golok yang Digunakan Komplotan Perampok Asal Serang di Cirebon, Karyawan Alfamart Diseret dan Disekap

Sebelumnya, dua pemain naturalisasi berdarah Indonesia, Jordi Amat dan Sandy Walsh terlebih dahulu telah resmi menjadi WNI.

Sandy Walsh dan Jordi Amat telah mengambil pengambilan sumpah janji setia dan kewarganegaraan menjadi WNI di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), DKI Jakarta, September lalu.

Bahkan Jordi Amat sudah memperkuat Timnas Indonesia dalam Piala AFF 2022 yang lolos ke Semifinal Leg1 melawan Vietnam di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan Jumat 6 Januari 2023. (jun)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase