SKIPM Cirebon Gelar Kegiatan Peduli Sosial dan Bimbingan Teknis Ikan Sehat dan Bermutu

SKIPM Cirebon Gelar Kegiatan Peduli Sosial dan Bimbingan Teknis Ikan Sehat dan Bermutu

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Cirebon melakukan kegiatan Peduli Sosial dengan Pembagian Paket Ikan Sehat Bermutu kepada masyarakat dan Bimbingan Teknis tentan--

RADARCIREBON.COM - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Cirebon melakukan kegiatan Peduli Sosial dengan Pembagian Paket Ikan Sehat Bermutu kepada masyarakat dan Bimbingan Teknis tentang masalahntinaan ikan, mutu, dan keamanan hasil perikanan di Kabupaten Subang, Jawa Barat, beberapa waktu lalu. 

Kegiatan tersebut diadakan dalam rangka Bulan Mutu Karantina Tahun 2023 dan dihadiri oleh Anggota Komisi IV DPR – RI Dr H Sutrisno SE MSi, Anggota DPRD Kabupaten Subang, Koordinator Harmonisasi dan Penanganan Kasus Pusat Pengendalian Mutu BKIPM-KKP, Kepala SKIPM Cirebon, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Subang, KPP Bea Cukai Cirebon, perwakilan pelaku usaha dan perwakilan masyarakat.p

Sebanyak 650 paket dengan rincian produk berupa produk olahan ikan pun dibagikan kepada perwakilan masyarakat yang membutuhkan. Setelah itu, digelar pula Bimbingan Teknis yang disampaikan oleh Inspektur Mutu SKIPM Cirebon.

Dalam keterangannya, Kepala SKIPM Cirebon R. Rudi Barmara SPi MP menyampaikan kegiatan tersebut merupakan komitmen BKIPM dalam menjalankan 5 arah kebijakan pengelolaan sumber daya konservasi dan kebijakan berkelanjutan dan untuk mensejahterakan masyarakat. 

BACA JUGA: Jadi Calon Presiden PDIP, Ganjar Pranowo: Terima Kasih Khusus Mbak Puan

BACA JUGA: Diumumkan Sebagai Capres PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo: Satu Untuk Semua, Semua Untuk Satu

”Ikan yang dibagikan merupakan hasil produksi dari industri UMKM setempat sehingga turut meningkatkan perekonomian dan produk telah dijamin dalam kondisi Layak untuk di konsumsi oleh masyarakat,” ujar Rudi. 

Rudi juga mengutarakan, pentingya edukasi kepada masayarakat tentang Gerakan Makan Ikan yang sehat, bermutu serta bebas mikroplastik. Konsumsi ikan juga membantu pemenuhan kebutuhan protein hewani bagi tubuh. Apabila masyarakat mengkonsumsi ikan yang tidak sehat dan bermutu maka akan beresiko terpapar penyakit berbahaya.

"Kami pun turut aktif dalam melindungi produk perikanan dari Cemaran Mikroplastik. Karena apabila terkonsumsi dan terakumulasi lama oleh manusia, maka resikonya akan berdampak terhadap fungsi metabolisme tubuh terutama hati dan liver. Oleh karena itu kegiatan Bimbingan Teknis seperti ini sangatlah penting," tuturnya.

Sementara itu, Anggota Komisi IV DPR RI Dr H Sutrisno SE MSi menyampaikan, Kegiatan Bulan Mutu Karantina Tahun 2023 yang diadakan ini sangat baik untuk kesehatan masyarakat. Sutrisno pun berharap kegiatan tersebut dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan protein bagi tubuh serta dapat memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya mengkonsumsi ikan yang sehat dan bermutu. 

BACA JUGA:PAKAI KOPIAH, Ganjar Pranowo Ditetapkan Jadi Capres PDIP, Jokowi: Merdeka, Merdeka, Merdeka

BACA JUGA:Terjadi Lagi, Penganiayaan Pengendara Sepeda Motor, Pasutri Lansia Ditendang dan Dipukul

“Komoditas perikanan merupakan salah satu produk unggulan Indonesia. Dimana hanya produk perikanan yang bisa ekspor. Untuk itu, kita harapkan UKM bisa naik kelas menjadi eksportir. Apalagi dengan potensi yang besar, saya yakin kita bisa terus tumbuh bersama,” tutupnya. (jrl)

BACA JUGA: BREAKING NEWS: Ganjar Pranowo Ditetapkan Jadi Capres PDIP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: