Suhu Udara Terasa Panas Baru-baru ini, BMKG Sampaikan 5 Faktor Penyebabnya

Suhu Udara Terasa Panas Baru-baru ini, BMKG Sampaikan 5 Faktor Penyebabnya

Jalan baru lingkar timur Kuningan. Dalam beberapa hari terkahir, cuaca di Kuningan panas menyengat. -Asep Brd-Radar Cirebon

Suhu yang sangat panas juga telah menyebar luas di seluruh Tiongkok. Menurut ahli klimatologi Jim Yang, pada Senin 17 April 202, lebih dari 100 stasiun cuaca di 12 provinsi memecahkan rekor suhu pada April.

BACA JUGA:Mayat Laki-Laki Mengambang di Sungai Cimanuk, Kapolres Majalengka Terjun Langsung

Di seluruh Asia Selatan seperti Pakistan, India, Nepal, dan Bangladesh, semuanya mengalami suhu yang mencapai 40 derajat Celsius selama beberapa hari.

"Suhu panas bulan April di Wilayah Asia selatan secara klimatologis dipengaruhi oleh gerak semu matahari: lonjakan panas tahun 2023 terparah," jelas BMKG, Minggu 23 April 2023.

Penyebab ketiga suhu panas adalah tren pemanasan global dan perubahan iklim: gelombang panas 'heatwave' semakin berisiko berpeluang terjadi 30 kali lebih sering.

BACA JUGA:MERIAH, Hajat Desa di Maleber Kuningan, 40 Pengantin Sunat Diarak Masal

Faktor keempat yang menyebabkan suhu panas dalam sepekan terakhir adalah dominasi monsun Australia dan Indonesia sudah memasuki musim kemarau.

Penyebab kelima, intensitas maksimum radiasi matahari pada kondisi cuaca cerah dan kurangnya tutupan awan. Suhu di Indonesia tercatat paling panas, yaitu 37,2 derajat Celsius, terjadi di Tangerang Selatan. (jun)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase