Siap-siap! Jokowi Akan Cek Kondisi Jalan di Provinsi Lampung

Siap-siap! Jokowi Akan Cek Kondisi Jalan di Provinsi Lampung

Presiden Jokowi, Jumat 5 Mei 2023 akan melakukan kunjungan ke Lampung untuk mengecek kondisi infrastruktur disana.-Tangkapan layar-Youtube Sekretariat Presiden

JAKARTA, RADARCIREBON.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana akan berkunjung ke Provinsi Lampung, Jumat 5 Mei 2023.

Menurut Presiden Jokowi, kedatangannya ke Lampung untuk memastikan informasi yang beredar di media sosial sesuai fakta atau tidak.

“Saya ingin memastikan, saya besok mau melihat betul apakah yang ada di video, apakah yang ada di media, itu benar atau nggak bener,” kata Jokowi kepada sejumlah awak media, di Pusat Perbelanjaan Sarinah, Jakarta, Kamis 4 Mei 2023.

BACA JUGA:Wow! Kabupaten Sumedang Diundang World Bank Ikut GovTech Global Forum di Washington

Saat ini, lanjut dia, pihaknya baru mengumpulkan data dan mengklasifikasikan terkait jalan rusak di Provinsi Lampung.

“Jadi ini kita baru mengumpulkan data-data jalan-jalan kabupaten dan kota, jalan-jalan Provinsi yang rusak parah.”

Kemudian, data klasifikasi jalan tersebut dikomparasikan dengan anggaran pembangunan yang ada. Setelah itu, diarahkan kepada pembangunan infrastruktur jalan.

BACA JUGA:Tangani Semburan Api di Rest Area, Pengelola Tol Cipali Lakukan Langkah Ini

“Karena anggaran yang ada di provinsi maupun kabupaten kota  tidak banyak diarahkan kepada pembangunan infrastruktur. Dan itu hal yang sangat penting sekali,” imbuhnya.

Diakui, apabila infrastruktur jalan itu kondisinya rusak, maka akan berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi daerah.

“Begitu jalan rusak, apalagi Jalan produksi akan mengganggu yang namanya komoditas itu mobilitas orang, mobilitas barang, biaya logistik akan naik.”

BACA JUGA:Mendukung Pertumbuhan UMKM Diperlukan Peran Stakeholder

“Sehingga barang itu tidak bisa bersaing dengan provinsi lain, daerah lain, atau negara lain. Ini yang kita harus tahu semuanya manfaat infrastruktur ada di situ,” pungkasnya.

Sementara, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meninjau langsung kondisi jalan di Rumbia, Kabupaten Lampung Tengah, Senin 1 Mei 2023 lalu.

Gubernur mengatakan Pemerintah Provinsi Lampung akan bersinergi dengan Pemerintah Pusat dalam upaya perbaikan jalan di lokasi tersebut.

BACA JUGA:TERKUAK! Inilah Alasan Presiden Jokowi Tak Undang Surya Paloh dalam Silaturahmi dengan Pimpinan Parpol

Informasi yang dihimpun jalan tersebut juga akan didatangi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang diagendakan besok, Jumat  5 Mei 2023.

"Jalan di Rumbia ini sendiri sudah masuk dalam prioritas pembangunan salah satu ruas jalan di Kabupaten Lampung Tengah yaitu Ruas Simpang Randu-Seputih Surabaya yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Lampung di Tahun 2023 ini," kata dia, Selasa 2 Mei 2023.

Dia menjelaskan pembangunan ruas tersebut akan berkesinambungan melalui APBD dan APBN.

BACA JUGA:Tega Banget Sih! Seorang Wanita Membuang Janinnya Ditengah Pemukiman Desa Astana Gunungjati

Pembangunan ruas itu akan melalui struktur perkerasan jalan, baik flexible pavement maupun rigid pavement yang disesuaikan oleh kebutuhan di lapangan dan saat ini sedang dalam tahap rekonstruksi jalan.

Arinal menyebutkan infrastruktur sendiri telah menjadi prioritas dan terdapat dalam salah satu misi dari visi Rakyat Lampung Berjaya yaitu mengembangkan infrastruktur guna meningkatkan efisiensi produksi dan konektivitas wilayah.

Namun, akibat pandemi Covid-19 dibeberapa tahun belakangan, dilakukan refocusing anggaran untuk diprioritaskan di bidang kesehatan yaitu penanggulangan Covid-19, jaring pengaman sosial dan stimulus ekonomi bagi pelaku UMKM. (jun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase