Instruksi Presiden Jokowi, Kementerian PUPR Ambil Alih Perbaikan Jalan di Lampung

Instruksi Presiden Jokowi, Kementerian PUPR Ambil Alih Perbaikan Jalan di Lampung

Kerusakan jalan cukup parah di Provinsi Lampung.-kemenpupr-

LAMPUNG, RADARCIREBON.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan tegas menyatakan bahwa perbaikan jalan yang tidak bisa diperbaiki oleh pemerintah daerah Lampung akan diambil alih Kementerian PUPR.

BACA JUGA:Kementerian Luar Negeri Berhasil Amankan 143 WNI Korban Scamming Online di Filipina

"Secepat-cepatnya akan dimulai, yang rusak, yang kira-kira provinsi tidak memiliki kemampuan. Kemudian kabupaten yang tidak memiliki kemampuan, akan diambil alih oleh Kementerian PUPR, utamanya yang jalannya rusak parah," kata Jokowi, Jumat 5 Mei 2023.

Sementara, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan perbaikan jalan daerah itu sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah.

BACA JUGA:Megawati Kesal dengan Oknum Polisi yang Terjerat Kasus Pidana: Ayo Dong Pak Insaf

"Jadi nanti melalui inpres jalan daerah, jalan-jalan daerah yang rusak akan diperbaiki melalui bantuan dari pusat.”

“Ruas mana saja yang akan ditangani APBN ditentukan sesuai arahan Presiden Jokowi, terutama jalan penghubung kawasan produksi dan industri, dengan outlet dan pasarnya" ujar Pak Bas.

Ruas jalan Simpang Korpri -Purwotani atau jalan akses Tol Itera/Kotabaru merupakan salah satu dari 15 ruas jalan daerah di Lampung yang telah diusulkan untuk ditangani melalui Inpres Jalan Daerah pada TA 2023.

BACA JUGA:Pembukaan SEA Games XXXII/2023 Kamboja, Bendera Indonesia Terbalik

Dari total panjang 14,5 km, telah diusulkan untuk ditangani APBN dengan estimasi biaya Rp69,16 miliar.

Perlu diketahui, Presiden Jokowi pada Jumat 5 Mei 2023 meninjau kerusakan di beberapa ruas jalan daerah di Provinsi Lampung.

BACA JUGA:Waduh! Mobil Polisi Penodong Taksi Online Ternyata Palsu

Jokowi tidak sendiri, dia didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Salah satu ruas yang ditinjau yaitu ruas jalan Simpang Korpri - Purwotani atau jalan akses Tol Itera/Kotabaru sepanjang total 14,5 km. (jun)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase