Akhirnya, Para Biksu Thudong Sampai di Komplek Borobudur Jawa Tengah

Akhirnya, Para Biksu Thudong Sampai di Komplek Borobudur Jawa Tengah

Biksu Thudong disambut ribuan warga di jalur Pantura Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Foto: -Hadi Waluyo -Radar Pekalongan

MAGELANG, RADARCIREBON.COM – Setelah berhari-hari melakukan perjalanan spiritual dari Thailand menuju Indonesia, akhirnya rombongan biksu sudah masuk kawasan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Para biksu ini ditempatkan di Pusdiklat Catra Jinadhammo di Desa Borobudur pada Rabu 31 Mei 2023.

BACA JUGA:Pondok Pesantren Al Zaytun Dianggap Tidak Lazim, Begini Komentar Kepala Madrasah Asal Terisi Indramayu

Para biksu thudong itu disambut oleh Camat Borobudur Subiyanto dan Kapolresta Magelang Kombes Rurus Wicaksono serta Kapolres Magelang Kota yang ikut berjalan kaki dari Mapolresta Magelang.

Camat Borobudur Subiyanto menyampaikan mengucapkan selamat datang kepada para biksu thudong di bumi Borobudur dan selamat menikmati suasana di Borobudur.

BACA JUGA:PT KAI Daop 3 Cirebon Berikan CSR Keagamaan di Tiga Lokasi Ini

"Kami mengucapkan terima kasih para biksu untuk singgah di sini, semoga keberkahan melimpah di bumi Borobudur ini," katanya.

Dia menyampaikan semangat keikhlasan, semangat untuk menyelesaikan perjalanan yang sangat jauh sekitar 2.650 kilometer dari Thailand ke Borobudur merupakan perjalanan yang sangat jauh dilaksanakan dengan penuh ketabahan.

BACA JUGA:Pebisnis Kuliner Terjun Nyaleg, Ini Motivasinya

"Mudah-mudahan semangat itu menjalar pada kita semua. Kami berharap apa yang sudah kita saksikan bersama bahwa di Indonesia, di Borobudur ini adalah saling menghormati antarsesama ataupun agama yang berbeda," katanya.

Selain itu, dia menuturkan apa yang menjadi peristiwa hari ini merupakan gambaran Indonesia kecil di mana semua adalah sama, meskipun berbeda suku, agama, semua tetap satu.”

“Satu makhluk Tuhan yang mempunyai jiwa untuk saling membantu, saling memberikan kesejahteraan.

BACA JUGA:Kades, Guru hingga Polisi Gagahi Relawan Banjir, Total Ada 11 Pelaku

Ketua Thudong Internasional, Welly Widadi menyampaikan terima kasih sudah kepada semua pihak bahwa rombongan biksu thudong sudah sampai finish hari ini dengan selamat.

"Ini adalah perjuangan yang tidak mudah, para biksu ini begitu luar biasa dan kesehatannya pun masih terjaga dengan baik.”

“Terima kasih kepada pengurus pusdiklat ini yang telah menerima para biksu untuk bermalam di sini selama empat hari ke depan," katanya.

BACA JUGA:Kepala Kantor Kemenag Indramayu Ikut Salam Ala Al Zaytun: Assalamualaikum, Merdeka!

Dia menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Panglima Laskar Abu Macan Ali, Prabudias yang selama ini dengan susah payah sudah mengawal para biksu mulai dari Thailand, Malaysia, Singapura, sampai ke Indonesia.

"Beliau ini seorang Muslim tetapi toleransinya luar biasa, beliau ini sangat menjaga dan mengawal biksu jangan sampai tersentuh siapa pun, beliau benar-benar bertanggung jawab menjaga para biksu ini untuk bisa selamat sampai Candi Borobudur," katanya.

Rencananya rombongan biksu thudong akan diterima jajaran manajemen PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC) di kompleks Candi Borobudur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase