7 Ciri-ciri Asam Urat, Bukan Hanya di Kaki

7 Ciri-ciri Asam Urat, Bukan Hanya di Kaki

dr. Geety Shopya Hidayat-ist-radarcirebon.com

4. Nyeri tiba-tiba, datang dan pergi kapan saja
Di samping rasa nyeri yang sering terjadi di malam hari, asam urat membuat Anda menjadi terganggu saat tidur malam. Anda sering terbangun dengan rasa sakit yang hebat. Kemudian, Anda tidak bisa merasakan rasa nyeri asam urat dalam waktu yang cukup lama, sehingga Anda menganggapnya seperti tidak terjadi apa-apa.
Banyak pasien asam urat yang mengeluhkan rasa sakit yang semakin parah karena mengabaikan gejala ini. Memang, tanda asam urat bisa hilang dengan sendirinya, namun tidak menutup kemungkinan di waktu tertentu akan timbul kembali gejala ini.

5. Demam dan menggigil
Demam, menggigil, tubuh lemas luar biasa seperti Anda terkena flu menjadi gejala awal asam urat pada umumnya. Nah, kristal asam urat yang menumpuk akan melepas protein sitokin.
Sitokin berfungsi untuk membentuk kekebalan tubuh. Apabila sitokin terlepas, dampaknya daya tahan tubuh menurun diikuti dengan radang sendi. Demam dan menggigil sendiri untuk melawan infeksi dan menaikkan suhu tubuh.

6. Adanya benjolan yang membengkak
Benjolan pada asam urat yang tinggi (Gout arthritis) atau tophi. Kristal asam urat yang membengkak dan tidak diobati segera menyebabkan timbulnya benjolan, bisa di jempol kaki maupun bagian tubuh yang dekat dengan sendi. Benjolan ini disebut dengan tophi.   

7. Keluhan pada ginjal
Asam urat menyebabkan komplikasi pada penyakit lain jika lama dibiarkan. Salah satunya batu ginjal. Asam urat menghasilkan kristal yang mengendap pada kaki atau persendian. Tetapi, asam urat yang parah akan mengalirkan kristal tersebut ke ginjal Anda, sehingga menumpuk sebagai batu ginjal. (*)

Oleh: dr. Geety Shopya Hidayat

BACA JUGA:Tim Yamaha Racing Indonesia Optimis Meraih Poin Maksimal Dalam Seri Ke 3 ARRC 2023 di Sirkuit Sugo Jepang

BACA JUGA:Ada 4 Syarat Agar Bandara Kertajati Majalengka Bisa Hidup, Apa Saja?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: