Tidak Hanya Konektivitas, Kehadiran Tol Cisumdawu Tawarkan Pengalaman Unik

Tidak Hanya Konektivitas, Kehadiran Tol Cisumdawu Tawarkan Pengalaman Unik

Persiapan Tol Cisumdawu beroperasi secara penuh dari Bandung ke Kertajati. Foto:-Tangkapan layar-

SUMEDANG, RADARCIREBON.COM – Guna melihat perkembangan terakhir pembangunan jalan Tol Cisumdawu, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto turun langsung ke Kabupaten Sumedang, Jumat 23 Juni 2023.

BACA JUGA:Ridwan Kamil Sampaikan Laporan Tim Investigasi Soal Al Zaytun, Dasar Mahfud MD Keluarkan 3 Rekomendasi

Kehadiran Menko Perekonomian ke Sumedang tidak sendiri, dia ditemani Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Perlu diketahui, saat ini pembangunan Tol Cisumdawu sudah mendekati 100 persen selesai dan ditargetkan beroperasi Juli 2023.

BACA JUGA:Usai Terima Laporan Tim Investigasi, Menko Polhukam Keluarkan 3 Langkah Tangani Persoalan Al Zaytun

Jika sudah selesai 100 persen, Tol Cisumdawu akan membentang sepanjang 61,75 kilometer menghubungkan Cileunyi, Kabupaten Bandung dengan Dawuan, Kabupaten Cirebon.

BACA JUGA:Konser Coldplay dan Piala Dunia U-17 di GBK Bentrok, Bagaimana PSSI?

Tol Cisumdawu akan jadi akses cepat menuju Bandara Kertajati. Dari Cileunyi ke Kertajati nantinya hanya akan memakan waktu 1 jam dibanding kalau lewat jalan biasa 3 - 4 jam.

Tol Cisumdawu juga telah menerapkan teknologi geofoam EPS, sebuah bahan konstruksi ringan yang dapat menahan longsor akibat tanah labil.

BACA JUGA:PASTI KAGET, Cirebon-Bandung via Tol Cisumdawu Setara Cirebon-Kuningan

Selain fungsi dan teknologi, Cisumdawu juga menawarkan pemandangan Gunung Geulis dan Gunung Manglayang yang ada di Kabupaten Sumedang.

Tol Cisumdawu juga memberikan pengalaman berkendara yang unik karena pengendara akan melewati terowongan kembar (twin tunnel) sepanjang 472 meter yang membelah perut bukit Cigendel di Kecamatan Pamulihan, Sumedang.

BACA JUGA:Rest Area Cisumdawu Bakal Mirip di Amerika, Gubernur Jabar-Menko Perekonomian Cek Progres Terakhir

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan kehadiran Tol Cisumdawu akan turut berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Jabar, setidaknya mencapai 6 persen tahun 2023.

“Mudah-mudahan semua Proyek Strategis Nasional (PSN) di Jawa Barat lancar. Setiap kenaikan Jabar sama dengan kenaikan Indonesia,” ujar Ridwan Kamil di Kantor KCJT View GT, Kabupaten Sumedang, Jumat 23 Juni 2023.

BACA JUGA:Indeks Profesianalitas ASN Kabupaten Indramayu Naik ke Peringkat Enam Jabar

Menurut Gubernur, pemerintah berkomitmen memeratakan pembangunan melalui konektivitas wilayah, di antaranya dengan menghadirkan jalan tol.

Melalui jalan tol, distribusi logistik antardaerah akan lebih cepat dan menciptakan multiplier effect yang nyata dirasakan masyarakat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase