Pemprov Jabar Ingin Bangun Terminal Losari, Kuwu: Saya Tidak Setuju, Karena Punya Rencana Sendiri

Pemprov Jabar Ingin Bangun Terminal Losari, Kuwu: Saya Tidak Setuju, Karena Punya Rencana Sendiri

Pemerintah Desa Losari Kidul, Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon menolak lahan Terminal Losari yang kini dijadikan pasar darurat dihibahkan ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat.-Dokumen-RADARCIREBON.COM

CIREBON, RADARCIREBON.COM – Pasca Terminal Ciledug dibangun oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Ridwan Kamil menargetkan bakal membangun Terminal Losari.

Namun, rencana tersebut nampaknya tidak disambut baik oleh pemerintah desa setempat.

Kuwu (Kepala Desa) Losari Kidul, Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon, Gafar Ismail mengungkapkan bahwa tanah yang menjadi lokasi berdirinya Terminal Losari saat ini merupakan aset Pemerintah Desa Losari Kidul.

Selama ini, lanjut Gafar, Pemerintah Desa Losari Kidul menyewakan lahan dengan pengelola Terminal Losari.

BACA JUGA:Resmikan Posko Pemenangan Pileg 2024, Dave Laksono: Bisa Digunakan untuk Aktivitas Kaum Milenial

“Cuma kebetulan karena Terminal Losari sekarang difungsikan sebagai pasar darurat maka nilai sewa itu tidak muncul,” ujar Gafar dilansir dari Harian Umum Radar Cirebon, Senin 31 Juli 2023.

Dari hasil sewaan lahan Terminal Losari ini, Pemerintah Desa Losari Kidul mendapatkan income hanya Rp10 juta dalam satu tahun.

Terkait rencana Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang ingin membangun Terminal Losari, kata Gafar, hingga saat ini tidak ada komunikasi dengan pihak desa.

"Semestinya Pemerintah Provinsi Jawa Barat jika ingin membangun Terminal Losari memberi tembusan surat kepada kami selaku pemangku desa karena itu aset desa,” tuturnya.

BACA JUGA:Oleng Lalu Adu Bagong dengan Dump Truck, Pemotor Asal Desa Cempaka Talun Tewas di TKP

Gafar dengan tegas menolak jika tanah aset milik Desa Losari Kidul dihibahkan ke Provinsi Jawa Barat demi membangunTerminal Losari.

"Saat ini karena belum ada komunikasi dengan Pemprov Jawa Barat, ya saya tidak setuju sebab saya punya rencana sendiri,” ujarnya.

Sebelumnya, setelah meresmikan terminal Ciledug, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana akan membangun Terminal Losari dan Sumber untuk Kabupaten Cirebon.

“Cirebon ada aspirasi, ada dua aspirasi membangun Terminal Losari dan Sumber, nanti kita fasilitasi.”

BACA JUGA:Observasi Mahasiswa UGJ Tentang Nilai dan Etika Kerja PT. Arteria Daya Mulia (ARIDA) Cirebon

“Pada saatnya nanti seluruh terminal di Jawa Barat gayanya seperti ini lebih seperti mal dan tempat yang menyenangkan, enggak kaya dulu yang kumuh dan banyak premanisme,” ungkap Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meresmikan Terminal Ciledug, beberapa waktu lalu. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase