Benarkah Labu Siam Bisa Atasi Penderita Asam Urat? Simak Penjelasannya

Benarkah Labu Siam Bisa Atasi Penderita Asam Urat? Simak Penjelasannya

Labu siam-Ist-radarcirebon

RADARCIREBON.COM - Labu siam merupakan buah dari tanaman merambat Sechium Edule yang buah muda dan pucuk mudanya bisa dikonsumsi.

Salah satu khasiat labu siam untuk kesehatan adalah mencegah penyakit asam urat.

Ada penelitian yang dilakukan oleh Davao Medical School Foundation dengan uji coba pada kelinci. Penelitian tersebut menemukan adanya penurunan kadar asam urat pada kelinci yang mengonsumsi labu siam sebanyak 25 persen.

Masalah asam urat bisa membuat si penderita merasa sakit. Bagaimana tidak, persendian akan terasa sangat nyeri. Apalagi ada sebagian orang yang kesulitan untuk menggerakkan persendian sehingga tidak mampu melakukan aktivitas sehari-hari dengan normal.

BACA JUGA: Usai Nyoblos, Pemilih Pilkades Kuningan Meninggal Dunia

BACA JUGA:Kang Amok Lestarikan Kesenian Cirebon, Tampilkan Berokan di Car Free Day Sumber

Manfaat labu siam untuk penderita asam urat banyak mengandungan vitamin dan mineral yang kaya akan serat. Serat di dalam tubuh dapat membantu memperlancar proses metabolisme. Selain itu, labu siam juga memiliki kandungan purin (unsur yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah) yang rendah, sehingga bisa dimasukkan ke dalam menu diet rendah purin.

Dan ini sangat penting bagi penderita asam urat yang diet rendah purin. Karena jumlah purin yang banyak didalam tubuh bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

Jika tidak segera ditangani dan organ ginjal tidak mampu menyaring asam urat dengan baik, maka semakin lama kondisi ini akan menyebabkan terjadinya penyakit asam urat.

Asam urat merupakan hasil akhir (limbah) dari metabolisme purin. Kadar asam urat dipengaruhi oleh dua hal, yakni:

BACA JUGA:Ada Bandara Kertajati - Tol Cisumdawu, Sandiaga Uno Minta Kota dan Kabupaten Cirebon Kolaborasi Sektor Wisata

BACA JUGA:Penerbangan Kertajati - Kuala Lumpur Sukses, Berharap Bakal Ditambah Tidak Hanya 2 Kali Seminggu

- Laju pembuatan asam urat di dalam hati. Karena asam urat terbentuk dari pemecahan purin, kadarnya di dalam tubuh dipengaruhi oleh jumlah purin yang dibuat di dalam tubuh serta jumlah purin yang diserap dari makanan.

- Laju pembuangan asam urat melalui ginjal. Normalnya, asam urat di dalam pembuluh darah akan bergerak ke ginjal dan dibuang melalui urine.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: