Jarak Berdekatan, Bandara di Pulau Jawa pun Sepi dan Banyak yang Tak Beroperasi, Pemerintah Melanggar Aturan

Jarak Berdekatan, Bandara di Pulau Jawa pun Sepi dan Banyak yang Tak Beroperasi, Pemerintah Melanggar Aturan

Sejumlah bandara sepi di Pulau Jawa disebabkan demand penumpang yang kurang dan jarak yang berdekatan satu sama lain.-Ist-radarcirebon.com

BACA JUGA:Produk Skincare Remaja 13 tahun yang Cocok di Kulit dan Wajah, Anti Kusam dan Berminyak

Misalnya jarak Bandara Wiriadinata Tasikmalaya ke Bandara JB Soedirman ternyata hanya 172 kilometer. Kurang dari syarat 200 kilometer.

Bahkan jarak antara Bandara Wiriadinata Tasikmalaya ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati hanya 115 kilometer.

Kendati demikian waktu tempuh perjalanan antara Tasikmalaya ke Majalengka memang bisa memakan waktu 3 jam lebih perjalanan darat.

Jarak yang berdekatan juga terjadi di Bandara Ngloram ke Bandara Adi Soemarmo juga hanya berjarak 134 kilometer. Dari Bandara Ngloram ke Bandara Ahmad Yani juga hanya berjarak 163 kilometer.

BACA JUGA:Peraturan OJK Nomor 4 Tahun 2023 Tentang Perdagangan Karbon, isinya Sangat Penting

Salah satu bandara yang tidak beroperasi optimal adalah Bandara JB Soeadirman yang diresmikan 21 Juni 2021, dan sudah tidak melayani penumpang komersial. Bahkan baru 12 kali ada penerbangan di lokasi ini.

Executive General Manager Bandara JB Soedirman Purbalingga, Harry Glenardie mengungkapkan, Wings Air pernah mencoba penerbangan 2 kali. Tetapi demand cukup rendah.

Kemudian pemerintah Banyumas Raya pernah memberlakukan blocked seat, sempat berjalan 8 kali penerbangan di Bulan November dan Desember.

“Harapan kami kan bukan itu, tapi menciptakan penerbangan berkelanjutan,” ungkap Harry Glenardie.

BACA JUGA:525 Personel Gelar Simulasi Penanganan Kontijensi Pemilu 2024 di Majalengka

Kondisi yang sama terjadi pada Bandara Ngloram. Bandar udara ini, pernah memiliki beberapa rute penerbangan yakni November - Desmeber 2021 yakni Ngloram - Halim Perdanakusuma.

Pada Februari 2022 mengoperasikan rute Ngloram - Bandara Juanda Surabaya dan Januari - Februari 2023 mengoperasikan rute Ngloram Halim Perdanakusuma.

Maskapai Citilink yang mengoperasikan penerbangan tersebut, sampai akhirnya memilih mundur dari rute yang sepi.

Begitu juga maskapai WingsAir yang pernah mengoperasikan penerbangan Pondok Cabe - Ngloram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: