Suka Ngopi? Mulai Sekarang Jangan Dibuang Ya, Inilah 6 Cara Memanfaatkan Ampas Kopi untuk Tanaman

Suka Ngopi? Mulai Sekarang Jangan Dibuang Ya, Inilah 6 Cara Memanfaatkan Ampas Kopi untuk Tanaman

Ampas kopi punya manfaat untuk tanaman salah satunya sebagai campuran kompos.-Otten Cofee/Ist-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Jangan membuang ampas kopi, ternyata banyak manfaatnya lho, penasaran apa saja manfaatnya? Mari kita simak penjelasannya!

Ampas kopi merupakan sisa yang tertinggal setelah proses penyeduhan kopi, hal ini juga dapat diartikan sebagai hasil produk limbah akhir dari proses pembuatan minuman kopi.

Meski terlihat remeh ampas kopi ini, ternyata mempunyai banyak manfaat bagi tanaman dan dapat membantu pertumbuhannya.

Jika biji kopi bisa di seduh lalu di konsumsi manusia, ternyata ampas kopi juga bisa dimanfaatkan untuk merawat tanaman. Manfaat ampas kopi ini, masih jarang diketahui oleh banyak orang.

BACA JUGA:Selain Dijuluki Kota Angin dan Wisata, Ternyata Majalengka Dikenal Produk Kopinya Hingga Bermunculan Kafe-kafe

Ampas kopi kaya akan kandungan fosfor, magnesium, kalium, dan tembaga yang merupakan nutrisi baik untuk tanah. Dengan kualitas tanah yang baik, tentunya tanaman akan bertumbuh dengan baik.

Dengan kandungannya yang banyak, tentunya maanfaat ampas kopi bagi tanaman juga sangat luar biasa. Tak heran juga jika ampas kopi banyak digunakan sebagai salah satu cara menyuburkan tanaman.

Inilah 6 cara memanfaatkan ampas kopi untuk tanaman:

1. Digunakan Sebagai Campuran Kompos

Ampas kopi dapat digunakan sebagai campuran pembuatan kompos, cara membuat ampas kopi untuk pupuk kompos yaitu cukup dengan mencampurkan ampas kopi dengan bahan kompos lain.

BACA JUGA:Penderita Hipertensi Boleh Konsumsi Kopi? Begini Kata Dokter Spesialis Jantung

Bahannya seperti sisa limbah dapur contohnya sisa sayuran, daun kering, umbi-umbian, kulit buah, hingga bekas cangkang telur.

Aduk ampas kopi ini dengan sisa bahan-bahan limbah dapur tadi dan berikan kepada tanaman hias. Hal ini akan memberikan nutrisi baik pada tanaman hias, sehingga akan tumbuh dengan sehat.

Kompos buatan sendiri tidak hanya menjaga kesehatan tanaman, tetapi juga mengurangi limbah dan emisi gas kaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: