770 Pengaduan ke OJK Cirebon, Kantor Cabang Bank Umum Mendominasi

770 Pengaduan ke OJK Cirebon, Kantor Cabang Bank Umum Mendominasi

Kepala OJK Cirebon, Fredly Nasution saat diwawancarai Radar Cirebon di Kantor OJK Cirebon. -APRIDISTA SITI RAMDHANI-RADAR CIREBON

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Selain berwenang dalam pengawasan perbankan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga turut mengembang tugas untuk melakukan edukasi dan keamanan konsumen.

Untuk itu pihaknya kerap membuka layanan pengaduan baik online maupun datang langsung ke kantor. 

Kepala OJK Cirebon, Fredly Nasution menuturkan total pengaduan konsumen di OJK Cirebon hingga Juli 2023 berjumlah 770 pengaduan dan konsultasi.

Angka ini meningkat 71,49 persen yoy dimana mayoritas pengaduan dan konsultasi disampaikan secara langsung (walk in) ke OJK Cirebon sebanyak 505 pengaduan atau 65,58 persen dari total pengaduan.

"Hal tersebut sebagai dampak dari dibukanya pengaduan dan konsultasi secara offline sejak Bulan Januari 2023," tuturnya.

Adapun jumlah pengaduan yang berujung sengketa pada periode yang sama, ditindaklanjuti melalui Aplikasi Portal Perlindungan Konsumen (APPK), di mana pengaduan konsumen yang diproses melalui APPK meningkat sebesar 180,85 persen yoy menjadi 132 pengaduan.

Sementara, pengaduan berdasarkan Industri Jasa Keuangan (IJK), 5 pengaduan terbesar merupakan pengaduan kepada Kantor Cabang Bank Umum sebesar 30 persen.

BACA JUGA:Warga Bandung Siap-siap, 29 Oktober 2023 Penerbangan Bandara Husein Sastranegara Pindah ke Bandara Kertajati

Kemudian diikuti dengan pengaduan kepada Perusahaan Pembiayaan sebesar 25,06 persen, pengaduan lainnya yaitu pengaduan atau konsultasi kepada entitas yang tidak diawasi OJK sebanyak 13,38 persen, pengaduan kepada Fintech Lending sebanyak 11,95 persen, dan pengaduan kepada BPR sebanyak 7,66 persen.

Selain penanganan pengaduan konsumen, OJK Cirebon juga memberikan pelayanan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) kepada masyarakat.

Pelayanan SLIK untuk kebutuhan pribadi, memperpanjang kontrak pekerjaan, maupun mengajukan kredit/pembiayaan.

Pemenuhan permintaan SLIK debitur per Juli 2023 meningkat sebesar 84,10 persen yoy menjadi 5.037.

Dalam rangka memperkuat fungsi pelindungan konsumen, OJK Cirebon gencar melaksanakan edukasi/literasi keuangan guna meningkatkan pemahaman masyarakat Ciayumajakuning.

Itu dilakukan atas produk dan layanan keuangan yang pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan inklusi keuangan atau pemanfaatan produk dan layanan keuangan yang berkualitas, bijak, dan bertanggung jawab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: