Bayar Pakai Sampah Plastik, Pembuatan SIM dan SKCK Bakal Diprioritaskan di Polresta Cirebon, Gini Caranya

Bayar Pakai Sampah Plastik, Pembuatan SIM dan SKCK Bakal Diprioritaskan di Polresta Cirebon, Gini Caranya

Kapolresta Cirebon melalukan upgrade Green Service. Bayar biaya pakai sampah plastik, bisa mendapat prioritas.-Ist-

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) menggunakan sampah plastik, bakal diprioritaskan.

Layanan tersebut merupakan bagian dari Green Service Polresta Cirebon dalam pembuatan SIM dan SKCK di Satpas Polresta Cirebon.

Untuk lebih ditingkatkan, layanan Green Service yang dilaunching tahun lalu itu, dilakukan upgrade oleh Polresta Cirebon, Selasa 5 September 2023.

Turut hadir dalam acara upgrade Green Service, Forkompimda Kabupaten Cirebon dan sejumlah tamu undangan lainnya.

BACA JUGA:Hari Pertama Ajang ASEAN Indo Pacific Forum (AIPF), Dirut BRI Bicara Transformasi Digital & Pemberdayaan UMKM

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman SIK MH mengatakan, dalam upgrading tersebut layanan Green Service dilakukan penambahan jumlah bank sampah.

Bank sampah yang semula hanya memiliki dengan 10, saat ini sudah memiliki 27 bank sampah. 

Dengan begitu, penanganan sampah di Kabupaten Cirebon semakin berjalan maksimal.

Dalam layanan Green Service tersebut, bisa digunakan masyarakat untuk membayar biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

BACA JUGA:Mengapa Rachmat Irianto Selalu Tampil Rapi saat Bertanding? Bikin Bobotoh Ngomong Begini

Misalnya, dalam pembuatan SIM dan SKCK menggunakan sampah plastik. Selain itu, masyarakat mendapatkan layanan prioritas tanpa mengantre dan lainnya.

Namun dalam teknisnya, bukan membawa sampah plastiknya secara langsung, melainkan menabung sampah plastik ke bank sampah yang terdapat di seluruh wilayah Kabupaten Cirebon. 

"Hasil tabungannya yang digunakan untuk pembayaran PNBP pembuatan SIM dan SKCK di Satpas Polresta Cirebon," kata Kombes Pol Arif Budiman.

Menurutnya, jika saldo bank sampah telah mencukupi untuk membayar PNBP pembuatan SIM maupun SKCK, maka petugas bank sampah akan memberitahu Polresta Cirebon dan menghubungi nasabah untuk waktu kedatangannya ke Satpas Polresta Cirebon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: