Majalengka Siap Supply Bawang Merah dan Sayuran ke Wilayah III Cirebon untuk Jaga Inflasi

Majalengka Siap Supply Bawang Merah dan Sayuran ke Wilayah III Cirebon untuk Jaga Inflasi

Wakil Bupati Majalengka, Tarsono D Mardiana memberikan cinderamata kain tenun gadod pada pemrov NTB usai Studi Banding ke TPID Champion, NTB, beberapa waktu lalu.-APRIDISTA SITI RAMDHANI-RADAR CIREBON

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Bersiap menjadi Kabupaten inflasi baru di tahun 2024 mendatang, Wakil Bupati Majalengka berkomitmen jaga inflasi dengan memperhatikan neraca pangan secara periodik bersama daerah lainnya di Ciayumajakuning.

Melalui penandatangan Kerjasama Antar Daerah (KAD) Aglomerasi Ciayumajakuning pada Capacity Building dan High Level Meeting yang dilaksanakan di Prov NTB beberapa waktu lalu, Majalengka siap memasok bawang merah dan sayuran ke wilayah III Cirebon

Wakil Bupati Majalengka, Tarsono D Mardiana menuturkan inflasi tak terkendali dapat terjadi saat ketersediaan pasokan barang di suatu daearah terbatas.

Untungnya melalui pertemuan Capacity Building dan High Level Meeting yang diinisasi oleh KPw BI Cirebon, pemerintah daerah di Ciayumajakuning dapat difasilitasi untuk mengetahui kondisi neraca pangan masing-masing daerah.

Sehingga secara periodik nantinya kondisi neraca pangan akan dilaporkan masing-masing daerah melalui sebuah pertemuan.

Masing-masing daerah bisa memasok kebutuhan yang berimpah di daerahnya dan kekurangan di daerah lain.

"Akan terjadi perdagangan antar daerah, selain bisa menjaga harga komoditas stabil, juga turut meningkatkan ekonomi masyarakat," terangnya.

BACA JUGA:Catatan Minor Pengelola GBLA Dibalik Kemenangan Persib atas Persikabo 1973

BACA JUGA:Samsat Majalengka Kualitas Pelayanan Diklaim Sudah OK, Begini Kata Kapolres

Tarsono mengatakan Majalengka siap memasok bawang merah dan sayuran ke berbagai daerah di Ciayumajakuning.

Hingga saat ini Majalengka memiliki bawang merah yang berlimpah. Meski bawang brebes menjadi bawang merah yang paling terkenal, sebagian besar lahan mereka berpusat di wilayah Majalengka tepatnya di Kertajati dan Jati 7.

Petani Majalengka juga kini sudah mahir menanam bawang merah, sebagian besar mereka menanam di daerah Argapura.

Selain itu, Sayuran Maja yang terkenal berasal dari Majalengka juga siap dipasok ke berbagai wilayah di Ciayumajakuning, Sayuran yang berasal dari Majalengka ini sebelumnya sudsh kerap di-supply ke berbagai wikatah seperti Jakarta dan Bandung.

"Kami siap supply bawang merah dan sayuran ke wilayah Ciayumajakuning sebagai salah satu upaya pengendalian inflasi," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: