5 Ciri Skin Care dan Makeup Berbahaya Menurut BPOM, Harus Teliti Sebelum Beli

5 Ciri Skin Care dan Makeup Berbahaya Menurut BPOM, Harus Teliti Sebelum Beli

Ciri skin care berbahaya menurut BPOM. Ilustrasi foto: -Ron Lach-Pixabay

Kosmetik ataupun skin care yang memiliki warna mencolok juga tergolong sebagai kosmetik berbahaya. Hal ini karena kosmetik atau skin care tersebut menggunakan pewarna tekstil.

Selain mencolok, warna kosmetik atau skin care juga akan mengkilap jika dioleskan ke permukaan kulit. Kosmetik yang aman akan memiliki warna pucat karena menggunakan pewarna alami.

Jika kosmetik atau skin care kamu memiliki warna yang mencolok dan mengkilap, segera hentikan pemakaian.

4. Tidak Ada Izin Edar BPOM

Selain komposisi yang terkandung dalam kosmetik ataupun skin care, hal lain perlu kamu perhatikan adalah nomor edar BPOM. Nomor edar ini bisa ditemukan dibagian kemasan produk atau pada produk kosmetik.

Biasanya nomor izin BPOM ini bisa kamu cek di situs resmi kosmetik atau situs resmi BPOM dengan memasukkan nomor yang tertera.

5. Menyebabkan Iritasi

Jika suatu kosmetik atau skin care membuat kulitmu merah-merah dan iritasi yang parah, bisa jadi produk yang kamu gunakan mengandung bahan berbahaya.

Meski tergantung tingkat kesensitivitasan kulit seseorang, tetapi ada baiknya tetap waspada. Terlebih jika menimbulkan rasa terbakar pada kulit.

Nah, itulah beberapa ciri kosmetik yang mengandung bahan berbahaya. Jangan lupa cek skin care atau kosmetik yang ada di rumah, ya! (Harian Disway)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: