Aneh, Lunasi Hutang Sebelum Jatuh Tempo malah Didenda, Ternyata Ini Hitung-hitungannya

Aneh, Lunasi Hutang Sebelum Jatuh Tempo malah Didenda, Ternyata Ini Hitung-hitungannya

Pelunasan hutan di bank berisiko terkena penalti, lihat lebih lanjut perjanjian kredit. -Ist-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Kasus ini sering menimpa para nasabah bank. Ada nasabah justru terkena denda saat ingin melunasi hutangnya sebelum jatuh tempo. 

Kasusnya seperti ini: Jadi sebelumnya ada seorang nasaban pinjam uang Rp 100 juta tenor 5 tahun kepada sebuah bank terkemuka. 

Hutang itu sudah dibayar Rp20 juta. Selanjutnya nasabah ingin melunasi sisanya yang Rp 80 juta. 

Nah persoalannya di sini. Ketika nasabah itu datang ke bank ingin melunasi, pihak bank mengenakan denda Rp 10 juta. Padahal hutang itu belum jatuh tempo. Mengapa harus didenda?

BACA JUGA:Sontoloyo! Tukang Siomai dan Pacar Korban Bekerjasama, Kemudian Hal Buruk Pun Terjadi

Simbah, salah satu penggiat media sosial dan juga akun pemerhati masalah keuangan ikut menanggapi persoalan tersebut.

Menurutnya jika pinjam di bank Rp100 juta itu ada bunganya. Walau sudah membayar Rp20 juta, sisanya bukan 80 juta. Tapi ada tambahan bunga. Walaupun belum jatuh tempo.

“Kok enak hutang ke bank, nyicil, tenor 5 tahun. Tapi minta dihitung tanpa bunga,” sindir akun bernama simbah itu.

Dia pun membagikan tabel angsuran KUR BCA. Agar nasabah yang bertanya itu paham, jika hutang di bank itu ada tambahan bunganya. Walau dilunasi sebelum jatuh tempo pinjaman.

BACA JUGA:LENGKAP! Ini Daftar 10 Transportasi ke Bandara Kertajati Majalengka, Ada Shuttle Gratis

Dia mengilustrasikan, kalau pinjaman Rp100 juta dan bayar full nyicil 5 tahun, maka per bulannya Rp 1.930.700. Jika dikali 60 bulan atau 5 tahun, maka total pinjaman yang harus dibayar adalah Rp115.842.000.

Sebenarnya bank sudah memberikan keringan. Karena dibayar sebelum jatuh tempo. Nah, jika sudah membayar Rp 20 juta ditambah Rp 80 juta dan denda Rp 10 juta. Maka total yang dibayar adalah Rp 110.000.000.

“Nah, anda masih untung Rp 5.842.000 daripada bayar nyicil hingga 5 tahun kan? Masalahnya dimana?” Ungakap Simbah penuh tanda tanya.

Kemudian ada juga pengalaman dari orang yang mengaku Efexede. Dia memiliki pengalaman meminjam di Bank Plat Merah sebesar Rp 25 juta. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: