Jalan Tol Ini akan Melingkari Gunung Ciremai, Menghubungkan Cipali - Kuningan hingga Tol Getaci

Jalan Tol Ini akan Melingkari Gunung Ciremai, Menghubungkan Cipali - Kuningan hingga Tol Getaci

Keberadaan Jalan Tol Kuningan akan melingkari wilayah lereng Gunung Ciremai dan terhugbung ke Tol Getaci.-Leonardo Edwin/Ist-radarcirebon.com

BACA JUGA:5 Rekomendasi Obat Herbal untuk Turunkan Gula Darah

"Memang sudah masuk RTRW, berarti sudah direncanakan oleh pemerintah. Prinsipnya kami di Kabupaten Kuningan sangat mendukung," katanya.

Seperti diketahui, Kabupaten Kuningan saat ini menjadi daerah tujuan pariwisata favorit di wilayah III Cirebon.

Namun akses menuju kota kuda mulai padat terutama di Jalan Raya Cirebon - Kuningan. Bahkan untuk jarak tempuh 19 kilometer dari Ciperna sampai Linggarjati membutuhkan waktu hampir 1 jam.

Kemudian ke daerah pariwisata lainnya seperti Palutungan membutuhkan waktu 1 jam 30 menit.

BACA JUGA:Jelang Pilwu Serentak 2023, Polresta Cirebon Gelar Ngopi Aspirasi dan Sambang Desa

Keberadaan jalan tol ini, selain menghemat waktu juga akan memudahkan mobilitas masyarakat baik di wilayah Kuningan selatan maupun utara.

Apalagi dari gambaran yang ada, rencana exit tol akan berada di Linggarjati dan Cigadung. Sehingga mempermudah masyarakat untuk menuju ke tempat wisata.

Sebelumnya, Kepala Bidang Bina Marga DPUTR Kuningan, Teddy Sukmayadi mengungkapkan, willayah yang akan dilalui jalan tol tersebut adalah lereng Gunung Ciremai.

Yakni, Mandirancan, Pakembangan, Linggarjati, Sukamukti, Cigugur, Kadugede, Darma, Cikijing Majalengka, Kabaupaten Ciamis dan terhubung ke Tol Getaci.

BACA JUGA:Sah, RUU IKN Resmi Menjadi Undang-Undang, Begini Kedudukan Otorita IKN

"Desain jalan tol ini sudah ada, dan dalam kajian Kementerian PUPR. Memang cukup panjang dan melewati lereng Gunung Ciremai," katanya.

Pihaknya sangat berharap proyek ini akan terlaksana, karena sangat menguntungkan baik dari segi pariwisata maupun perekonomian.

Apalagi jalan tol ini, digadang-gadang bakal memiliki pemandangan yang cantik karena melingkari wilayah Gunung Ciremai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: