Jalan Tol Ini akan Melingkari Gunung Ciremai, Menghubungkan Cipali - Kuningan hingga Tol Getaci

Jalan Tol Ini akan Melingkari Gunung Ciremai, Menghubungkan Cipali - Kuningan hingga Tol Getaci

Keberadaan Jalan Tol Kuningan akan melingkari wilayah lereng Gunung Ciremai dan terhugbung ke Tol Getaci.-Leonardo Edwin/Ist-radarcirebon.com

KUNINGAN, RADARCIREBON.COM - Jalan tol ini akan melingkari Gunnung Ciremai dan menjadi penghubung tol Cipali, Kabupaten KUNINGAN hingga tol Getaci di Tasikmalaya.

Rencana pembangunan Jalan Tol Cipali - Kuningan yang bakal melingkari Gunung Ciremai bakal dilakukan dalam kurun waktu 2030 - 2035.

Panjang jalan tol ini, diperkirakan lebih dari 100 kilometer dan melewati wilayah Kabupaten Kuningan, Majalengka, Ciamis hingga Tasikmalaya.

Sehingga bakal menjadi penghubung wilayah utara dan selatan Jawa Barat, dan berperan sebagai penggerak perekonomian juga pariwisata.

BACA JUGA:MyBCA Menghadirkan Fitur Paylater, Syarat & Pendaftarannya Mudah!

Bahkan keberadaan jalan tol ini, sudah masuk dalam perencanaan Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR).

Juga sudah masuk dalam rencana tata ruang wilayah (RTRW) nasional. Sehingga hanya tinggal menunggu waktu pelaksanaannya saja.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Kuningan, I Putu Bagiasna mengatakan, keberadaan jalan tol tersebut akan sangat menguntungkan,

Sebab, mempermudah akses masyarakat menuju Kabupaten Kuningan baik untuk bepergian maupun aktivitas pariwisata.

BACA JUGA:Paylater BCA Sudah Bisa Diajukan, Begini Proses Pengajuannya Cepat Hanya 1 x 24 Jam

"Tol ini tersambung dengan Tol Cipali yang sudah ada dan akan terhubung dengan Getaci yang sedang dalam persiapan pembangunan," kata Bagiasna.

Menurut dia, sebagai pemerintah daerah, Kabupaten Kuningan tentu sangat mendukung pembangunan jalan tol ini.

Sebab, keberadaannya akan sangat menguntungkan dan memberikan alternatif akses perjalanan bagi masyarakat.

Apalagi, jalan tol ini akan menjadi yang pertama bagi kota kuda. Sehubungan saat ini akses tol terdekat berada di Ciperna, Kabupaten Cirebon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: