Jadi Daerah Tujuan Wisata, Disbudpar Kabupaten Cirebon Dorong Desa untuk Angkat Potensi Budaya

Jadi Daerah Tujuan Wisata, Disbudpar Kabupaten Cirebon Dorong Desa untuk Angkat Potensi Budaya

Disbudpar Kabupaten Cirebon menggelar pentas tarling klasik di Desa Jemaras Kidul, Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon.-Diskominfo Kabupaten Cirebon-

CIREBON, RADARCIREBON.COM -  Sebagai salah satu bentuk upaya pelestarian dan menarik wisatawan, Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) terus memunculkan potensi budaya yang ada di desa-desa.

Seperti yang dilakukan di Desa Jemaras Kidul Kecamatan Klangenan Kabupaten Cirebon. Disbudpar Kabupaten Cirebon menyelenggarakan pagelaran tarling klasik.

Wakil Bupati Cirebon, Wahyu Tjiptaningsih SE MSi mengatakan, bahwa tarling klasik merupakan salah satu kebudayaan yang berasal dari Desa Jemaras Kidul.

"Kegiatan ini untuk terus melestarikan budaya lokal dan menjungjung tinggi nilai luhur budaya tersebut," ujar Ayu, Rabu 11 Oktober 2023.

BACA JUGA:Momentum Bersejarah, Jawa Barat Siap Sambut dan Gelar Piala Dunia U-17

Ayu menuturkan, bahwa Pemkab Cirebon akan terus memunculkan dan mengenalkan budaya-budaya Cirebon kepada masyarakat luas. 

Karena menurut Ayu, Cirebon saat ini sudah dikenal dengan salah satu kota yang menjadi tujuan wisata.

Menurut Ayu, Cirebon sangat dikenal dengan banyak destinasi wisata, seperti wisata alam, wisata religi, wisata belanja dan lainnya. 

Oleh karena itu, perlu juga dikenalkan dengan kebudayaan yang ada, agar bisa menarik wisatawan.

"Saya minta kepada para kuwu, untuk bisa menunculkan potensi budaya yang ada di wilayahnya masing-masing," kata Ayu.

BACA JUGA:Indonesia Siap Evakuasi WNI di Palestina dan Israel Jika Situasi di Gaza Terus Memburuk

Ayu juga nengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Cirebon, untuk bisa bersama-sama mengenalkan seni budaya Cirebon ke masyarakat luas.

Menurut Ayu, saat ini adalah dunia digital dan internet, oleh karena itu, ia mengajak kepada masyarakat yang memiliki media sosial, untuk bisa membagikan potensi budaya wilayahnya, melalui media sosialnya masing-masing.

Dengan banyaknya yang membagikan potensi budaya di Cirebon melalui media sosial, maka nantinya sangat memungkinkan bisa menarik wisatawan untuk berkunjung ke Cirebon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase