Kabar Pembangunan Jalan Tol Cirebon – Kuningan dan Kuningan – Tasikmalaya Sudah Masuk Rencana PUPR

Kabar Pembangunan Jalan Tol Cirebon – Kuningan dan Kuningan – Tasikmalaya Sudah Masuk Rencana PUPR

Pembangunan Jalan Tol Cirebon - Kuningan dan Kuningan - Tasikmalaya sudah masuk rencana Kementerian PUPR. Foto hanya ilustrasi. -BPJT-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM – Kabar pembangunan Jalan Tol CIREBON - Kuningan dan Kuningan - Tasikmalaya sudah masuk dalam rencana Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR).

Pembangunan akses Jalan Tol Cirebon-Kuningan ini menjadi bagian awal dari keseluruhan proyek Jalan Tol yang akan menghubungkan akses hingga ke Tasikmalaya.

Informasi terbaru lainnya juga mengindikasikan adanya rencana untuk mengembangkan bagian jalan tol Kuningan – Tasikmalaya yang diharapkan akan terhubung dengan Tol Getaci dan Tol Cipali. Diperkirakan bahwa perencanaan untuk pembangunan jalan tersebut sedang dalam tahap persiapan.

Merujuk pada rencana yang telah dirancang oleh Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR), proyek ini diawali dengan pembangunan ruas jalan dari Ciperna dan akan menjalur ke barat.

BACA JUGA:Jalan Tol Getaci - Kuningan Menghubungkan Jawa Barat Utara dan Selatan

Dengan demikian, bagian jalan ini akan melewati daerah lereng Gunung Ciremai dan melalui Kecamatan Mandirancan, Pakembangan, Linggarjati, dan berlanjut menuju Cigadung.

Kemudian untuk tol Kuningan – Tasikmalaya, perencanaan rancangan Tol ini akan melewati daerah Mandirancan, Pakembangan, Linggarjati, Sukamukti, Cigugur, Kadugede, Darma, Cikijing Majalengka serta wilayah Kabupaten Ciamis dan berakhir di Tol Getaci.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 367/KPTS/M/2023 yang diterbitkan pada tanggal 17 Maret 2023, diatur mengenai perencanaan jaringan jalan nasional tahun 2020-2040, termasuk di dalamnya jalan tol dan jalan non tol.

Secara khusus, Jalan Tol Cirebon - Kuningan dijadwalkan akan dibangun sepanjang 28 kilometer, dimulai dari Ciperna hingga wilayah Kota Kuda. Berdasarkan dokumen tersebut, rencana pembangunan jalan tol ini dijadwalkan berlangsung antara tahun 2030 hingga 2034. 

BACA JUGA:Leg Kedua Lawan Brunei Darussalam, Timnas Indonesia Harus Menang

Selanjutnya, ada proyek pembangunan Jalan Tol Kuningan - Tasikmalaya dengan panjang 58 kilometer yang dijadwalkan akan dibangun dalam periode antara tahun 2035 hingga 2039.

“Rencana tersebut telah menjadi bagian dari evaluasi yang dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR). Bahwa desain jalan tol Kuningan telah ada di dalam Kementerian PUPR."

"Dan desain jalur jalan tol Kuningan tidak hanya dalam bentuk sketsa, melainkan telah disusun dengan rinci dan detail oleh Kementerian PUPR," kata Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Kuningan, Teddy Sukmajayadi baru-baru ini.

Teddy juga mengungkapkan bahwa desain yang telah disusun oleh Kementerian PUPR mencakup detail seperti lokasi rencana gerbang exit tol di wilayah Kuningan, yang direncanakan untuk dibangun di sekitar daerah Linggarjati dan Cigadung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: