Viral Isu Beras Plastik, Jangan Khawatir di Kota Cirebon Tidak Ditemukan

Viral Isu Beras Plastik, Jangan Khawatir di Kota Cirebon Tidak Ditemukan

Bidang Kerawanan dan Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Cirebon saat melakukan pengecekan PSAT secara rutin tiap bulan. -Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Cirebon-RADAR CIREBON

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Isu beras plastik belakangan viral an ramai diperbincangkan di media sosial, dipastikan tidak ada di Kota Cirebon.

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Cirebon melalui bidang Kerawanan dan Keamanan Pangan menghimbau masyarakat untuk tidak panik.

Hingga saat ini tidak ditemukan adanya beras plastik yang dijual di Cirebon. Meski begitu ia menghimbau masyarakat juga tetap harus waspada. 

Kepala Bidang Kerawanan dan Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Cirebon, Toto Suharto menuturkan sesuai dengan Peraturan Menteri Pertanian No.53 Tahun 2018 tentang keamanan pangan, pihaknya memilii tupoksi yang mengarah pada perizinan yang ditekankan pada Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT).

BACA JUGA:Nyetir Motor Lawan Arah dan Jadi Penyebab Kecelakaan di Jl Kalijaga Cirebon, A Masih Tersenyum saat Ditangkap

Untuk itu setiap bulannya dilakukan pengawasan terhadap PSAT. Dari hasil monitoring tersebut, tidak ditemukan ada beras plastik beredar di Kota Cirebon.

"Kami lakukan pemeriksaan terkait kandungan pencemaran biologis, kimia, dan logam berat pada PSAT salah satunya beras," jelasnya.

Pengawasan tersebut dilakukan secara rutin setiap bulannya di berbagai tempat. Mulai dari pasar tradisional, supermarkert, pelaku usaha, pada petani, hingga kelompok wanita tani.

Namun hingga saat ini tak ada uji lab yang bisa dilakukan untuk menguji kandungan plastik di dalam beras.

BACA JUGA:Pilu! Suara Hati Istri Korban Kecelakaan di Jl Kalijaga Cirebon: Anak Saya Jadi Yatim

Dari hasil pengawasan terakhir juga tidak ditemukan adanya beras plastik yang beredar. "Kami memastikan beras yang dijual di Cirebon aman," tuturnya.

Kondisi adanya isu beras plastik seperti ini menurut Toto pernah terjadi beberapa tahun lalu saat kondisi harga naik seperti saat ini. untuk itu, masyarakat perlu mencermati kembali setiap informasi yang beredar di internet.

"Jika ditemukan beras dengan kondisi bentuk yang tidak sesuai maka temuan tersebut bisa diadukan pada kami," terangnya.

Dalam waktu dekat, pengecekan kandungan arsen kadmium dalam beras pun akan dilakukan serentak di berbagai daerah termasuk di Kota Cirebon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: