BAHAYA! Perdagangan Daging Anjing di Kota Cirebon, Sikap DKP3 Sangat Tegas

BAHAYA! Perdagangan Daging Anjing di Kota Cirebon, Sikap DKP3 Sangat Tegas

Perdagangan daging anjing di Kota Cirebon dilarang keras. Ilustrasi foto:-manfredrichter-Pixabay

“Karena daging anjing itu bukan untuk pangan, karena itu juga bukan hewan ternak. Kemudian praktik pemotongannya pun yang jadi masalah dan melanggar kesejahteraan hewan," jelas Iin.

Dibuatnya surat imbauan itu, tutur dia, merupakan tanggung jawab dari DKP3 Kota Cirebon dalam memastikan tidak adanya praktik penjualan maupun pemotongan daging anjing di masyarakat.

Iin mengatakan diterbitkannya aturan ini tak lepas dari aduan sejumlah pihak, terkait adanya praktik perdagangan daging anjing sebagai salah satu menu yang dijual di sebuah restoran.

BACA JUGA:Wujudkan Satu data Satu Peta sebagai Landasan Arah Pembangunan

BACA JUGA:Polisi Bantah Pemerasan Ketua KPAID Kabupaten Cirebon: Tagih Utang Rp50 Ribu

Laporan itu terjadi pada oktober 2022 lalu. Setelah itu, pihaknya langsung melakukan investigasi terkait laporan itu.

“Memang ada tercantum di dalam menu. Kami tindaklanjuti dengan pembinaan. Kami turun ke sana, kemudian lakukan dialog dan memang seharusnya tidak diperkenankan," jelasnya.

Iin menambahkan bahwa berdasarkan UU Nomor 18 Tahun 2009 sebagaimana telah diubah menjadi UU Nomor 41 Tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan, secara gamblang disebutkan bahwa anjing merupakan hewan peliharaan, bukan ternak, sehingga tidak dijadikan untuk pangan.

“Hal ini sesuai UU Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan dan Surat Edaran Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Nomor 9874/SE/pk.420/F/09/2018 bahwa anjing tidak termasuk dalam definisi pangan," pungkasnya. 

Bahaya Makan daging Anjing

Bahaya makan daging anjing bukanlah tertular rabies. Sebab daging anjing tidak menularkan penyakit rabies. Rabies dapat menular jika seseorang digigit anjing.

Namun demikian, bahaya makan daging anjing diketahui oleh banyak orang. 

Sebab, daging anjing mengandung banyak bakteri berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan dan mendatangkan penyakit bagi manusia.

Sama halnya dengan rabies yang dapat ditularkan lewat air liur anjing, makan daging anjing juga sangat berisiko. 

Itu karena ada banyak sekali bakteri berbahaya yang terkandung di dalam daging anjing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: