Wujudkan Demokrasi yang Bermartabat, TNI AD Gelar Deklarasi Pemilu Damai 2024

Wujudkan Demokrasi yang Bermartabat, TNI AD Gelar Deklarasi Pemilu Damai 2024

Ketua partai politik peserta Pemilu 2024 menandatangani deklarasi Pemilu damai 2024, Senin 6 November 2024.-DEDI HARYADI-RADARCIREBON.COM

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Jelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) menggelar Deklarasi Pemilu Damai 2024.

Deklarasi Pemilu Damai 2024 yang dihadiri langsung KSAD Jenderal TNI Agus Subiyanto tersebut berlangsung di Islamic Centre, Kabupaten Ciamis, Senin 6 September 2023.

Kegiatan tersebut berlangsung secara daring di seluruh Korem dan Kodim se-Kodam III/Siliwangi.

Ditingkat Kota Cirebon, kegiatan Deklarasi Pemilu Damai 2024 berlangsung di ruang Adipura Gedung Balaikota Cirebon.

BACA JUGA:Struktur TKN Indonesia Maju Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Resmi Terbentuk

Hadir pada deklarasi tersebut Plt Wali Kota Cirebon Hj Eti Herawati, Sekda Kota Cirebon H Agus Mulyadi, Komandan Kodim 0614/Kota Cirebon Letkol Inf Robil Syaifullah, Kapolres Cirebon Kota AKBP M Rano Hadiyanto, Bawaslu Kota Cirebon Joharudin.

Kemudian, Sultan Keraton Kacirebonan Pangeran Abdul Gani Natadingrat, perwakilan partai politik peserta Pemilu 2024, OKP, Ormas, dan Forkopimda Kota Cirebon lainnya.

Pada kegiatan tersebut, seluruh perwakilan partai politik peserta Pemilu 2024, OKP, Ormas, Bawaslu, KPU dan Forkopimda Kota Cirebon menandatangani pernyataan Deklarasi Pemilu Damai 2024 sebagai membentuk komitmen bersama dalam menjaga kelancaran, ketertiban, dan keamanan selama masa Pemilu serentak 2024 dan mengajak masyarakat untuk berpatisipasi dalam pesta demokrasi.

BACA JUGA:Astra Half Marathon 2023 Xtramile, Ajak Lebih dari 4.000 Pelari

Kasad Jendral TNI Agus Subianto dalam sambutannya melalui daring menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah hadir pada kegiatan Deklarasi Pemilu Damai tersebut

"Tahun 2023 ini sudah memasuki tahapan pemilu secara serentak. Awalnya kita dibayangi ke khawatiran adanya polarisasi dalam situasi pemilu.”

“Seluruh komponen masyarakat terutama di Jawa Barat siap untuk melaksanakan Pemilu tahun 2024 yang damai dan sejuk untuk mewujudkan demokrasi yang bermartabat.”

“Ingat boleh beda pilihan orientasi politik, tetapi harus tetap satu dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia,“ tegasnya.

BACA JUGA:Penampakan Wajah Baru Stadion GBLA, Jika Resmi Dikelola Persib Bandung

Sementara itu, Plt Walikota Cirebon Hj Eti Herawati menuturkan, Pemkot Cirebon terus berkoordinasi dengan pihak terkait guna menciptakan pelaksanaan Pemilihan Umum dan Pilkada 2024 mendatang berjalan aman dan tertib.

"Komitmen seluruh ketua partai, seluruh yang hadir dan seluruh warga masyarakat tentunya mengedepankan pelaksanaan Pemilu 2024 dan Pilkada 2024 di Kota Cirebon berjalan aman, damai.”

“Itu yang terpenting. kami pemerintah mengapresiasi diadakan deklarasi pada hari ini," tutur Ketua Partai Nasdem Kota Cirebon ini kepada radarcirebon.com.

Adapun isi dari kegiatan Deklarasi Pemilu damai 2024 Tingkat Kota Cirebon, kami peserta Pemilu tahun 2024 Kota Cirebon dengan ini menyatakan:

BACA JUGA:1 Jam 51 Kantong Darah, Aksi Donor Darah Aston Cirebon Pasang Target Tinggi di 2024

1. Akan melaksanakan Pemilu Tahun 2024 yang damai dan Kondusif untuk mewujudkan demokrasi yang bermartabat.

2. Akan mematuhi dan mentaati segala bentuk peraturan dan ketentuan yang berlaku serta menyelesaikan permasalahan Pemilu 2024 sesuai dengan Koridor Hukum.

3. Menolak Upaya-Upaya yang dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat dan menghindari kegiatan yang bersifat provokatif, menghasut, ujaran kebencian serta tidak menggunakan isu sara dalam pelaksanaan Pemilu tahun 2024.

4. Akan menciptakan situasi dan kondisi tetap kondusif di wilayah Kota Cirebon. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase