Mengenal 8 Jenis Durian di Sinapeul, Sentra Durian Dekat dari Cirebon yang Wajib Dicoba

Mengenal 8 Jenis Durian di Sinapeul, Sentra Durian Dekat dari Cirebon yang Wajib Dicoba

Penjual Durian Sinapeul di Desa Ujungberung, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka. Foto:-Pai Supardi-Radarmajalengka.com

Menurut warga setempat, jenis durian sinapeul merupakan varietas yang hanya tumbuh di hutan sekitar Kampung Sinapeul. Karena itu memiliki rasa yang khas.

BACA JUGA:NYESEK! Bapak-bapak Curhat Istri di Kampung Nikah Lagi saat Dirinya Kerja Banting Tulang untuk Keluarga

Tidak hanya itu, phono durian Sinapeul yang asli dan usianya sudah tua ternyata tinggal tersisa 4 pohon saja yang masih hidup.

Tapi, jangan khwatir, para pecinta durian akan bisa terus menikmati durian Sinapeul. Karena petani setempat sudah bisa mengembangkan bibit pohon durian Sinapeul dengan cara entres, stek dan okulasi.

Sejarah durian Sinapeul pun cukup unik. Konon pada awalnya dinamai durian perwira. Penamaannya itu terkait dengan penemu jenis durian ini.

Konon yang pertama kali menemukan pohon durian sinapeul ini adalah seorang tentara berpangkat perwira pada masa penjajahan Belanda.

BACA JUGA:Pembunuh Imam Masykur Dituntut Hukuman Mati, Inilah 6 Hal yang Memberatkan

BACA JUGA:Bahas Percepatan Pengangkatan Guru Honorer jadi PPPK, Azwar Anas dan Nadiem Bertemu

Karena menyukai rasa durian di Sinapeul, tentara itu kemudian meminta warga setempat menjaga dan merawat pohon tersebut. 

Nah, selain durian asli Sinapeul, saat ini varietas durian yang dikembangkan di sana juga terus berkembang. Setidaknya ada 8 jenis durian yang terus dikembangkan.

Berikut ini adalah 8 jenis durian di Sinapeul Kabupaten Majalengka:

1. Durian Perwira

Jenis durian paling khas di Sinapeul adalah durian Perwira. Ini adalah jenis durian pertama dari Sinapeul membuat gempar para pecinta durian. Karena durian perwira memiliki cita rasa yang unik.

Serta memiliki kekhasan tersendiri, yakni kulitnya tipis, dagingnya tebal, bijinya kecil dan kering, ditambah rasanya manis dan legit.  

2. Durian Matahari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: