STMIK IKMI Cirebon Perkuat Keamanan Siber dengan Lab SOC melalui Lembaga ACAD-SIRT

STMIK IKMI Cirebon Perkuat Keamanan Siber dengan Lab SOC melalui Lembaga ACAD-SIRT

STMIK IKMI Cirebon telah membentuk Lembaga Academy Computer Security Incident Response Team (CSIRT).-ADE GUSTIANA-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Sejalan dengan pengembangan Security Operation Center (SOC), STMIK IKMI Cirebon telah membentuk Lembaga Academy Computer Security Incident Response Team (CSIRT).

Ini akan menjadi pusat pelatihan dan penelitian dalam bidang keamanan siber, yang bertujuan untuk mengembangkan keahlian mahasiswa dan profesional dalam menangani insiden keamanan siber.

Inisiatif ini didukung oleh berbagai pihak, termasuk pemerintah, industri, dan komunitas keamanan siber. Kerjasama ini menunjukkan komitmen bersama dalam memperkuat ekosistem keamanan siber nasional.

“Persiapan untuk membentuk SOC ACAD-SIRT STMIK IKMI Cirebon sebagai SOC yang ke-2 se-Indonesia setelah Swiss German University (SGU)” tutur Ketua STMIK IKMI Cirebon Dr Dadang Sudrajat SSi MKom.

BACA JUGA:Mengenal 8 Jenis Durian di Sinapeul, Sentra Durian Dekat dari Cirebon yang Wajib Dicoba

BACA JUGA:Desak Ketua DPRD Proses PAW Amenah

Dadang menyampaikan itu dalam Workshop Security Operation Center for Academy Computer Security Incident Response Team (ACAD CSIRT) pada Senin (27/11/2023) di Laboratorium SOC ACAD-SIRT Swiss German University (SGU) Jakarta.

Dengan pengembangan SOC dan Lembaga Academy CSIRT, STMIK IKMI Cirebon tidak hanya meningkatkan keamanan internalnya. Tetapi juga memberikan kontribusi signifikan dalam komunitas keamanan siber nasional.

Dadang menambahkan, salah satu langkah strategis dalam peningkatan keamanan siber yaitu dengan pengembangan SOC yang akan menjadi pondasi bagi Lembaga Academy CSIRT.

Inisiatif ini merupakan bagian dari upaya institusi dalam mengantisipasi dan menanggapi ancaman keamanan siber yang berkembang. Di era digital saat ini, keamanan siber menjadi prioritas utama bagi institusi pendidikan.

BACA JUGA:Sekolah Unggulan Akan Menimbulkan Pungli, Wawan: Sistem Pendidikan Harus Dibenahi

BACA JUGA:Korban Rugi Rp700 Juta, Kasus Curat Sudah 4 Tahun Berhasil Diungkap Polres Majalengka, Pelaku Ditangkap

STMIK IKMI Cirebon mengakui pentingnya memiliki infrastruktur yang tangguh untuk menghadapi tantangan keamanan siber. Pengembangan SOC ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan institusi dalam mendeteksi, menganalisis, dan merespons insiden keamanan siber secara efisien.

Ke depannya, STMIK IKMI Cirebon akan melengkapi sebuah Laboratorium Security Operating Center (SOC) yang didukung dengan teknologi terkini dan tim ahli keamanan siber yang berpengalaman.

Fasilitas ini akan memantau dan mengevaluasi aktivitas jaringan secara real-time, memberikan perlindungan proaktif terhadap ancaman siber. (ade)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: