1.246 Pengaduan ke OJK Cirebon 59,5 Persen Lebih Banyak dari Tahun Lalu, Banyak yang Tertipu?

1.246 Pengaduan ke OJK Cirebon 59,5 Persen Lebih Banyak dari Tahun Lalu, Banyak yang Tertipu?

Pengaduan ke OJK Cirebon lebih dari 1.000 per November 2023. Foto:-Dedi Haryadi-radarcirebon.com

1.246 Pengaduan ke OJK Cirebon 59,5 Persen Lebih Banyak dari Tahun Lalu, Banyak yang Tertipu? 

RADARCIREBON.COM - Kepala OJK Cirebon M Fredly Nasution mengungkapkan fakta yang cukup mengejutkan. Bahwa ada 1.246 pengaduan yang mereka terima.

1.246 pengaduan ke OJK Cirebon diterima per November 2023. Menurut OJK Cirebon, itu adalah total yang tercatat dari berbagai jenis pengaduan.

Di antaranya merupakan konsumen yang berkonsultasi di OJK Cirebon. Dilakukan dengan cara datang langsung alias walk in sebanyak 853 atau 68,45 persen.

"Hal ini meningkat 59,5 persen yoy dimana mayoritas pengaduan dan konsultasi disampaikan secara langsung (walk in) ke OJK Cirebon sebanyak 853 dan konsultasi atau 68,45 persen dari total," jelas Fredly.

BACA JUGA:Untuk Para Kreditur, Industri Jasa Keuangan Ciayumajakuning Stabil Menurut OJK, Begini Penjelasannya

"Upaya kuratif dilakukan melalui penanganan pengaduan konsumen baik berupa konsultasi maupun pengaduan berujung sengketa," imbuhnya.

Nah, lebih lanjut dijelaskan, bahwa ada pengaduan yang berujung sengketa pada periode yang sama, yaitu November 2023. 

Menurut Fredly, hal itu ditindaklanjuti melalui Aplikasi Portal Perlindungan Konsumen (APPK).

"Dimana pengaduan konsumen yang diproses melalui APPK meningkat sebesar 146,91 persen yoy menjadi 200 pengaduan," ujarnya.

BACA JUGA:Setelah Viral, PO Rosalia Indah Berjanji Akan Menindak Tegas Maling yang Beroperasi di Bus Mereka

Apakah pengaduan berujung sengketa yang diproses melalui APPPK dapat diselesaikan? Fredly mengatakan, tingkat penyelesaian pengaduan melalui APPK di atas 90 persen. 

"Berdasarkan jenis IJK, 5 pengaduan dan konsultasi terbesar merupakan pengaduan dan konsultasi kepada Kantor Cabang Bank Umum sebesar 350 pengaduan atau 28,09 persen,” jelasnya.

Kemudian, lanjut Fredly diikuti dengan pengaduan dan konsultasi kepada Perusahaan Pembiayaan sebesar 293 pengaduan atau 23,52 persen. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: