4 Manfaat Singkong bagi Kesehatan Tubuh Kita

4 Manfaat Singkong bagi Kesehatan Tubuh Kita

Singkong memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. -Foto: Istimewa -radarcirebon.com

4 Manfaat Singkong bagi Kesehatan Tubuh Kita

Beragam nutrisi yang ada pada singkong tentunya mempunyai manfaat tersendiri bagi tubuh Anda. Inilah manfaat makan singkong yang sayang untuk dilewatkan.

1. Energy Booster

Setiap 100 gram singkong mengandung 38 gram karbohidrat. Oleh karena itu, singkong merupakan sumber energi yang baik bagi mereka yang mengalami aktivitas fisik berat. Aktivitas fisik membakar glikogen, suatu bentuk glukosa yang disimpan sebagai cadangan energi.

Saat makan singkong, karbohidrat diubah menjadi glukosa, kemudian menjadi glikogen dan disimpan di otot. Oleh karena itu, manfaat singkong sebagai penambah energi tidak dapat dianggap remeh.

2. Membantu mengatasi sembelit

Singkong mengandung pati resisten dalam jumlah yang cukup besar. Pati resisten merupakan salah satu jenis serat tidak larut yang kaya akan selulosa.Pati jenis ini sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan hingga mencegah sembelit.

Hal ini karena pati resisten mendorong pertumbuhan bakteri baik yang melindungi usus Anda dari peradangan.

3. Membantu mengontrol gula darah

Manfaat singkong bagi penderita diabetes sudah tidak diragukan lagi. Mengonsumsi singkong dapat membantu menurunkan gula darah. Hal ini karena serat pada singkong memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah.

BACA JUGA: Barcelona secara Dramatis Mengalahkan UD Barbastro di Copa del Rey

Serat pada singkong juga membantu menurunkan tekanan darah, kolesterol darah, obesitas dan risiko penyakit jantung.

4. Kaya akan mineral yang menjaga fungsi jaringan tubuh

Singkong mengandung cukup banyak mineral seperti kalsium, fosfor, mangan, zat besi dan kalium. Mineral ini diperlukan untuk perkembangan, pertumbuhan dan fungsi jaringan tubuh.

Kalsium diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Zat besi membantu membentuk protein (hemoglobin dan mioglobin) yang mengangkut oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Berkontribusi pada pembentukan tulang, jaringan ikat dan hormon seks.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: