8 Desa di Mundu Terendam Banjir Akibat Luapan Beberapa Sungai

8 Desa di Mundu Terendam Banjir Akibat Luapan Beberapa Sungai

Sebanyak 8 desa di Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon terendam banjir. -Deny Hamdani-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Sebanyak 8 desa yang ada di Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon terendam banjir, Jumat, 26, Januari 2024.

Banjir disebabkan meluapnya berbagai sungai besar hingga saluran irigasi yang ada di Kecamatan Mundu. 

Camat Mundu, H Anwar Sadat MSi mengatakan, dari laporan yang diterima ada 8 desa yang ada di Kecamatan Mundu terendam banjir.

"Total ada delapan desa yang terendam banjir, yakni Desa Pamengkang, Setupatok, Banjarwangunan, Mundu Pesisir, Luwung, Mundu Mesigit, Citemu, Penpen," ujarnya.

BACA JUGA:Timnas Indonesia Ukir Sejarah di Piala Asia, Pelatih Oman Kena PHK

Anwar mengungkapkan, delapan desa terendam banjir tersebut disebabkan luapan beberapa sungai yang ada di Kecamatan Mundu.

"Penyebabnya luapan sungai, namun bukan satu sungai saja, seperti Banjarwangunan, dan Pamengkang itu dari luapan Sungai Kalilunyu, untuk Desa Luwung itu dari sungai Selopenganten," tuturnya.

Saat banjir terjadi kondisi Kecamatan Mundu terjadi hujan ringan. "hujan tidak terlalu lebat, namun karena hulunya di Kuningan hujan deras, sehingga menyebabkan sungai-sungai di Kecamatan Mundu meluap,"ungkapnya.

Anwar mengungkapkan tidak semua blok pada satu Desa mengalami banjir. "Satu Desa itu tidak semuanya terendam, hanya beberapa blok saja, kami masih sedang melakukan pendataan," ujarnya.

BACA JUGA:Begini Harapan Ketua KONI Kota Cirebon Atas Prestasi Atlet yang Gabung Pelatda Jabar untuk PON ke-20

Sementara itu Korlap Pusdalops BPBD Kabupaten Cirebon, Faozan mengatakan penyebab banjir adalah luapan sungai di Kecamatan Mundu.

"Kami klarifikasi, penyebab banjir itu bukan tanggul jebol, tetapi karena luapan sungai Kalilunyu untuk di Desa Banjarwangunan," tuturnya. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: