Komitmen DPRD Dukung Kebebasan Pers

 Komitmen DPRD Dukung Kebebasan Pers

DRS H SUBHAN WAKIL KETUA DPRD KABUPATEN CIREBON-ist-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - DPRD Kabupaten Cirebon berkomitmen mendukung kebebasan pers dan menciptakan lingkungan yang kondusif bagi wartawan dalam menjalankan profesinya dengan baik.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, Drs H Subhan mengatakan, dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang jatuh setiap tanggal 9 Februari, pihaknya mengucapkan selamat kepada seluruh insan pers di Indonesia. Khususnya di Kabupaten Cirebon.

Penghargaan dan apresiasi diberikan juga kepada semua wartawan, redaktur, dan seluruh elemen pers yang telah bekerja keras dalam memberikan informasi yang akurat, berimbang, dan bermutu kepada masyarakat.

"Tidak dapat dipungkiri bahwa peran pers sangat penting dalam menjaga kebebasan berekspresi dan menyuarakan kebenaran. Melalui tulisan dan liputannya, pers memiliki kekuatan untuk membentuk opini publik dan memberikan pencerahan bagi masyarakat," katanya.

BACA JUGA:Ancaman Penggunaan Teknologi dalam Dunia Perkuliahan

Politisi Gerindra itu juga menekankan pentingnya kebebasan pers dalam menjalankan tugas. Ia menegaskan komitmen untuk terus mendukung kebebasan pers dan menciptakan lingkungan yang kondusif bagi wartawan untuk menjalankan profesinya dengan baik.

"DPRD Kabupaten Cirebon senantiasa berkomitmen untuk mendukung kebebasan pers dan menjaga hak-hak wartawan. Kami percaya bahwa melalui kerja sama yang baik antara pemerintah, pers, dan masyarakat, kita dapat menciptakan masyarakat yang lebih demokratis dan berbudaya," imbuhnya.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Cirebon untuk memberikan apresiasi kepada insan pers atas dedikasi dan kerja kerasnya dalam menyajikan informasi yang bermanfaat bagi kemajuan daerah.

Dengan semangat Hari Pers Nasional yang terus berkobar, diharapkan pers di Indonesia akan terus menjadi garda terdepan dalam menyuarakan kebenaran dan memberikan kontribusi yang besar bagi pembangunan bangsa.

BACA JUGA:Nyaris 100 Persen, Prabowo Gibran Menang Telak di Ponpes Al Zaytun Indramayu

"Seluruh jajaran anggota DPRD Kabupaten Cirebon berserta Sekretariat DPRD Kabupaten Cirebon mengucapkan, Selamat Hari Pers Nasional," katanya.

Seperti diketahui, HPN diselenggarakan setiap tahun pada 9 Februari bertepatan dengan HUT PWI. Ditetapkan dengan Keputusan Presiden RI No. 5 tahun 1985 yang ditandatangani oleh Presiden Soeharto pada tanggal 23 Januari 1985.

Subhan menjelaskan Raden Mas Djokomono Tirto Adhi Soerjo, dikukuhkan sebagai Bapak Pers Nasional. Karena jasanya sebagai perintis jurnalistik nasional. Beliau mendirikan surat kabar pertama yang dimiliki dan dikelola oleh pribumi, yaitu Medan Prijaji.

Kemudian, keputusan Presiden Soeharto pada 23 Januari 1985 itu menyebutkan bahwa pers nasional Indonesia mempunyai sejarah perjuangan dan peranan penting dalam melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan Pancasila.

"Penyelenggaraannya dilaksanakan secara bersama antara komponen pers, masyarakat, dan pemerintah khususnya pemerintah daerah. Sekali lagi, kami sampaikan Selamat Hari Pers Nasional (HPN) 2024," pungkasnya. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: