Drill ISPS Code di Pelindo Cirebon Berlangsung Lancar, Seluruh Tim Keamanan Berpartisipasi

Drill ISPS Code di Pelindo Cirebon Berlangsung Lancar, Seluruh Tim Keamanan Berpartisipasi

Drill ISPS Code di Pelindo Cirebon Berlangsung Lancar, Seluruh Tim Keamanan Berpartisipasi-Abdullah-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - PT Pelindo Regional 2 Cirebon kembali menggelar latihan sesuai dengan International Ship and Port Faciiity Security (ISPS) Code pada triwulan pertama tahun ini, Senin (18/3).

Plt Manager Teknik dan Operasik Cirebon, Syamsurijal mengatakan, Kegiatan ini diikuti oleh seluruh petugas keamanan pelabuhan dengan fokus pada pemeriksaan keluar masuk kendaraan serta praktek pengamanan untuk menghadapi tindak pencurian.

Dalam upaya meningkatkan keamanan maritim di wilayah pelabuhan, kata Syamsurijal, manajemen Pelindo Cirebon secara berkala menyelenggarakan latihan sesuai dengan standar ISPS Code.

"Triwulan pertama tahun ini menjadi momen penting bagi semua security di pelabuhan ini untuk memperbarui pengetahuan dan keterampilan dalam menghadapi berbagai potensi ancaman keamanan," ujarnya.

BACA JUGA:Waduli Diresmikan di Pasar Jagasatru Cirebon, Pj Walikota Pastikan Bukan Pesaing untuk Pedagang

Latihan kali ini, menurut Syamsurijal, difokuskan pada dua aspek utama, yakni pemeriksaan keluar masuk kendaraan dan praktek pengamanan, khususnya  untuk mengatasi tindak pencurian.

Dengan peningkatan mobilitas kendaraan di pelabuhan, pemeriksaan yang ketat perlu dilakukan untuk mencegah potensi penyelundupan barang ilegal atau bahaya keamanan lainnya. Bagi kami, kata Syamsurijal, praktek pengamanan tindak pencurian menjadi penting mengingat potensi kejahatan ini terjadi di lingkungan pelabuhan.

"Kami berkomitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban di Pelindo Cirebon. Melalui latihan ISPS Code ini, kami memperkuat kesiapan semua security dalam menghadapi berbagai potensi ancaman," kata Syamsurijal.

Pihaknya menegaskan, Latihan ini juga menjadi ajang untuk meningkatkan koordinasi dan kerjasama antar petugas di pelabuhan.

BACA JUGA:Pasca Banjir, DLH Angkut Ribuan Ton Sampah

Dengan berbagai skenario yang disimulasikan, para petugas security memiliki kesempatan untuk berlatih secara intensif dan mengevaluasi strategi pengamanan yang telah disusun.

Pelabuhan Cirebon mengajak seluruh pihak terkait, untuk mendukung upaya-upa peningkatan keamanan maritirn ini. "Dengan kerjasama yang solid, diharapkan Pelindo Cirebon dapat terus menjadi pelabuhan yang aman, handal, dan terpercaya." Pungkasnya. (abd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: