Antara Minum Air Dingin dan Minum Air Hangat, Manakah yang Bagus untuk Berbuka Puasa?

Antara Minum Air Dingin dan Minum Air Hangat, Manakah yang Bagus untuk Berbuka Puasa?

Minum Air-Foto : alodokter.com-radarcirebon.com

Meminum air dingin secara langsung ketika berbuka puasa akan mengurangi laju pergerakan darah menuju lambung dan usus sehingga menyebabkan tubuh bisa mengalami masalan gangguan pencernaan. 

Hal ini akan menyebabkan masalah seperti gangguan pencernaan, obesitas, dan naiknya asam lambung.

Oleh karena itu, kita dianjurkan ketika berbuka puasa minulah air hangat secukupnya dan air dingin secukupnya untuk menghilangkan rasa dahaga.

Situs ilmiah Science ABC menunjukkan tidak ada salahnya meminum air dingin, kecuali apabila setelah mengkonsumsi air dingin membuat proses pencernaan anda menjadi sulit karena kontraksi otot perut. 

BACA JUGA:Kabar Duka! Artis Senior Donny Kesuma Meninggal Dunia

Penelitian medis juga sepakat bahwasanya minum banyak air, baik dingin maupun hangat, mampu membantu detoksifikasi tubuh, memperlancar pencernaan, dan mencegah sembelit.

Situs Science ABC menerbitkan fakta dan hasil penelitian yang mereka lakukan pada beberapa orang untuk menyelidiki dampak rasa haus yang menimpa mereka dan dampak air dingin yang mereka minum. 

Dari peneletian tersebut, peneliti menyimpulkan bahwasanya minum air bersuhu 16 derajat Celcius adalah hal yang paling cocok bagi mereka yang beraktivitas berat dan banyak mengeluarkan keringat, serta suhu tubuh meningkat akibat usaha atau panas tersebut.

Kebutuhan air tubuh pada jam puasa dapat dikompensasi sebanyak 10 hingga 12 gelas per hari untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah dehidrasi. 

BACA JUGA:3 Pemain Dicoret, Ini Skuad Lengkap Timnas Indonesia Lawan Vietnam

Selain itu, untuk menghindari rasa haus, usahakan untuk menunda nunda sahur karena akan memberikan waktu bagi tubuh anda untuk bersiap kembali berpuasa pada esok harinya. 

Jadi, hentikan kebiasaan makan sahur sebelum tidur karena Anda tidak akan lapar sehingga Anda akan makan lebih banyak kalori.

Terlebih lagi, jangan minum air putih terlalu banyak karena dapat membuat tubuh memproduksi urin yang banyak. 

Oleh karena itu, agar tubuh tidak langsung mendapatkan banyak manfaat dari proses akibat dari terburu-buru meminum banyak air terutama meminum air dingin ketika berbuka puasa hal yang anda lakukan bisa mencoba untuk.

BACA JUGA:Cek Harga Kepokmas, TPID Kota Cirebon Lakukan Monitoring Lapangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: