Orang Baduy Dalam pun Ikuti Kasus Vina

Orang Baduy Dalam pun Ikuti Kasus Vina

Masyarakat di Baduy Dalam ternyata mengetahui kasus Vina Cirebon. Foto diambil di area Baduy Luar. -Dokumen Pribadi-radarcirebon.com

Dari Cibeo, rombongan dari Cirebon pulang melalui jalur lain. Yakni menyusuri jalur Cijahe. Jalur ini lumayan landai dan jaraknya hanya sekitar 4 km. Bisa ditempuh dengan waktu 1,5 jam. 

Dari Cijahe harus menempuh perjalanan menuju ke Terminal Ciboleger. Jaraknya kurang dari 50 km, namun harus ditempuh selama 1,5 jam dengan menggunkan kendaraan elf. Kontur jalan naik turun dan lumayan curam.

Untuk diketahui, konon nama Baduy merupakan sebutan yang diberikan oleh Belanda. Para peneliti Belanda mempersamakannya dengan kelompok Arab Baduwi, yang salalu berpindah-pindah (nomaden).

BACA JUGA:Proses Naturalisasi Calvin Verdonk dan Jens Raven, Dibahas DPR RI Hari Ini

Hanya saja ada alasan lain penyebutan nama Baduy. Di dekat perkampungan meteka ada Sungai Baduy. Sungai ini ada di bagian utara dari wilayah tersebut. Karenanya warga sekitar itu dipanggil Baduy.

Masyarakat Baduy lebih suka menyebut dirinya sebagai orang Kanekes  atau "Urang Kanekes". Nama Kanekes memang sesuai dengan nama wilayah mereka, Desa Kanekes.

Hanya bagi Orang Baduy lebih suka lagi jika dipanggil nama kampungnya. Misalnya Urang Cibeo. Berarti mereka orang Baduy Dalam yang berasal dari Kampung Cibeo.

Orang Kenekes mengaku keturunan Batara Cikal. Batara ini merupakan salah satu dewa yang turun ke bumi. Batara Cikal itu disamakan dengan Nabi Adam sebagai nenek moyang pertama manusia.

BACA JUGA:Kuasa Hukum Pegi Setiawan Tidak Percaya Kesaksian Aep, Minta Diperiksa dengan Alat Pendeteksi Kebohongan

Suku Baduy terbagi menjadi dua. Ada suku Baduy Dalam dan suku Baduy Luar. Salah satu ciri Baduy Luar sudah terkontaminasi dengan budaya modern. Di Baduy luar, penggunaan barang elektronik dan sabun diperkenankan. Ketua adatnya disebut Jaro.

Selain itu, Baduy Luar juga menerima tamu yang berasal dari luar Indonesia. Mereka boleh mengunjungi hingga menginap di salah satu rumah warga Baduy Luar. Di Baduy Dalam masih dilarang hingga saat ini.

Perbedaan lainnya terlihat dari cara berpakaian yang dikenakan. Pakaian adat dan baju keseharian Baduy Dalam tersirat dalam balutan warna putih yang mendominasi. Bagi pria setidaknya ikat kepala kain berwana putih.

Terkadang hanya bagian celananya saja bewarna hitam ataupun biru tua. Warna putih melambangkan kesucian dan budaya yang tidak terpengaruh dari luar.

BACA JUGA:TRAGIS! Atlet MMA Inisial RP Lompat dari Atas Gedung Apartemen di Bandung

Berbeda dengan Baduy Luar yang menggunakan baju serba hitam atau biru tua saat melakukan aktivitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: