Hanya 40 Persen Siswa SMA Lanjut Kuliah, Saatnya Diberi Bekal Keterampilan

Hanya 40 Persen Siswa SMA Lanjut Kuliah, Saatnya Diberi Bekal Keterampilan

Kepala SMAN 1 Bantarujeg Majalengka mengaku, hanya 40 persen siswa SMA lanjut ke jenjang kuliah.-Asep Brd-radarcirebon.com

MAJALENGKA, RADARCIREBON.COM - Siswa di SMAN 1 Bantarujeg, Kabupaten MAJALENGKA, hanya 40 persen yang melanjutkan pendidikannya ke jenjang kuliah.

Data tersebut, diungkapkan Kepala SMAN 1 Batarujeg H Toto Warsito MAg saat berbincang dengan radarcirebon.com, Senin 22 Juli 2024.

Menurut H Toto, dengan kondisi tersebut, sudah saatnya anak SMA mendapat bekal keterampilan yang sama dengan yang diterima oleh siswa SMK.

Pengajar yang pernah menjadi Guru Favorit versi Radar Cirebon ini menjelaskan, siswa SMA yang berniat untuk terjun ke dunia usaha, sudah memiliki bekal dari sekolah.

BACA JUGA:Pertamina UMK Academy 2024 Tingkatkan Kualitas Usaha Indonesia

"Sudah saatnya anak SMA diberi bekal keterampilan supaya memiliki jiwa entrepreneur," kata H Toto, Senin 22 Juli 2024.

Ditambahkan Toto, saat ini dirinya bersama pihak pengajar lainnya di SMAN 1 Batarujeg, sudah memberikan beberapa keterampilan kepada anak didiknya.

Hal tersebut jelas H Toto, sebagai bekal siswanya yang tamat sekolah menengah atas, agar bisa bersaing di dunia usaha.

"Jadi ketika tamat sekolah bisa usaha sendiri, syukur-syukur usaha sambil kuliah," jelasnya.

BACA JUGA:23 Siswa SMK Gabungan Diamankan Polisi di Jalan Perjuangan Kota Cirebon, Sedang Cari Lawan!

Ditambahkan Toto, dirinya tidak bisa memaksakan anak didiknya untuk melanjutkan kuliah usai menyelesaikan pendidikan di sekolah yang dipimpinnya.

Namun begitu, dirinya berharap anak didiknya yang memutuskan untuk terjun ke dunia usaha, sudah memiliki gambaran dari keterampilan yang diberikan oleh pihak sekolah.

"Siswa yang memilih SMA biasanya diproyeksikan untuk kuliah, namun tidak bisa menutup kemungkinan ada yang ingin membuka usaha, oleh karena itu jiwa entrepreneurnya harus ditingkatkan oleh pihak sekolah," paparnya.

Dijelaskan lebih lanjut, para siswa di SMAN 1 Batarujeg sudah mulai dilatih untuk memiliki jiwa entrepreneur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: