Pj Wali Kota Cirebon Pimpin Upacara HUT ke-79 RI, Tegaskan Komitmen Terhadap Transformasi dan Pembangunan

Pj Wali Kota Cirebon Pimpin Upacara HUT ke-79 RI, Tegaskan Komitmen Terhadap Transformasi dan Pembangunan

Pj Wali Kota Cirebon Pimpin Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI, Tegaskan Komitmen Terhadap Transformasi dan Pembangunan Kota-istimewa-radarcirebon

CIREBON, RADARCIREBON COM   – Pj Wali Kota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi memimpin Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia Tingkat Kota Cirebon di Lapangan Bima Madya pada Sabtu (17/8).

Dalam upacara tersebut, Pj Wali Kota menyampaikan pentingnya menjadikan peristiwa sejarah sebagai pembelajaran sekaligus pengingat agar perjuangan para pahlawan dalam memerdekakan bangsa tidak disia-siakan.

“Dalam setiap peringatan Hari Kemerdekaan, kita harus selalu ingat bahwa perjuangan para pendahulu kita tidak boleh dikhianati.

Momentum ini juga harus dimanfaatkan untuk terus mendukung transformasi Indonesia menjadi bangsa yang semakin bersatu, damai, makmur, dan demokratis,” ujar Pj Wali Kota.

BACA JUGA: HUT ke-79 RI, 684 Narapidana di Lapas Kelas 1 Cirebon Dapat Remisi

Tahun 2024 merupakan tahun transisi pemerintahan di Kota Cirebon. Dalam pidatonya, Pj Wali Kota menyatakan bahwa transisi ini berkaitan erat dengan keinginan program pembangunan kota.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan, terutama unsur Forkopimda dan jajaran legislatif yang telah berperan aktif dalam menjaga kelangsungan pemerintahan di masa transisi ini.

“Alhamdulillah, berkat sinergi yang terjaga, kita berhasil mencapai banyak prestasi yang membanggakan. Salah satu pencapaian tersebut adalah inflasi year on year Kota Cirebon yang sebesar 1,01 persen dan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 104,67, seperti yang dirilis Badan Pusat Statistika (BPS) Kota Cirebon pada bulan Juli 2024,” jelasnya.

Pj Wali Kota menegaskan bahwa stabilitas inflasi merupakan prasyarat bagi pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan di Kota Cirebon. Pemerintah Kota Cirebon juga fokus pada penanganan isu-isu krusial lainnya, seperti stunting.

BACA JUGA: Dukungan Kevin Diks untuk Maarten Paes, Suporter Timnas Indonesia Anggap Satir

Melalui delapan aksi konvergensi, pemerintah berupaya menurunkan prevalensi stunting yang pada tahun 2023 tercatat sebesar 11,66%, dengan target menurunkan angka tersebut menjadi 14% pada tahun ini.

Pemerintah Kota Cirebon juga berupaya keras mengurangi kantong kemiskinan melalui keterpaduan program pengentasan kemiskinan.

Keberhasilan program ini memungkinkan penurunan persentase kemiskinan ekstrem yang signifikan, diiringi dengan raihan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat selama delapan belas kali berturut-turut sejak tahun 2016.

Tema peringatan HUT RI tahun ini, “Nusantara Baru, Indonesia Maju”, disebut Pj Wali Kota sebagai simbol dari paradigma baru dalam perencanaan dan pembangunan yang berorientasi pada masa depan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: