Program TMMD Ke-121 Berikan Banyak Manfaat bagi Masyarakat

Program TMMD Ke-121 Berikan Banyak Manfaat bagi Masyarakat

PENUTUPAN TMMD: Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Mohammad Fadjar didampingi Pj Bupati Cirebon Drs H Wahyu Mijaya SH MSi dan Dandim 0620 Letkol Inf Aditya Wira Respati SE menutup Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-121 di Desa Kubang Kecamatan -Andri Wiguna-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Penjabat (Pj) Bupati Cirebon Drs H Wahyu Mijaya SH MSi, menyampaikan apresiasi atas suksesnya pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-121 yang dilaksanakan oleh Kodim 0620 Kabupaten Cirebon.

Program dipusatkan di Desa Kubang, Kecamatan Talun ini, telah memberikan banyak manfaat nyata bagi masyarakat setempat.

Kepada wartawan, Pj Bupati Drs H Wahyu Mijaya SH MSi mengungkapkan, program ini telah menjadi solusi konkret, terutama dalam menghadapi tantangan musim kemarau dan kekeringan.

Dijelaskannya, salah satu kontribusi terbesar adalah pembangunan pipanisasi sepanjang 1.200 meter yang memungkinkan aliran air mengairi lahan pertanian seluas 55 hektare.

BACA JUGA:Diduga Tenggelam Saat Menebar Jaring, Jasad Taryadi Nelayan Cirebon Belum Ditemukan

“Dengan adanya pipanisasi ini, hasil panen bisa meningkat dan stok beras dapat terjaga dengan baik,” ujar Pj Bupati Drs H Wahyu Mijaya SH MSi saat acara penutupan TMMD, kemarin.

Selain itu, TMMD juga berhasil membangun jalan usaha tani yang menghubungkan jalur distribusi hasil panen, sehingga memudahkan para petani dalam mengangkut hasil pertanian mereka. Hal ini, secara langsung berdampak positif terhadap perekonomian warga Desa Kubang.

Dalam kesempatan yang sama, Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Mohammad Fadjar yang hadir menutup kegiatan mengatakan, TMMD ke-121 ini merupakan bagian dari program yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Di Jawa Barat, lanjutnya, TMMD digelar di empat titik, yaitu Kabupaten Cirebon, Tasikmalaya, Sukabumi, dan Cilegon.

“Di Desa Kubang, kami membangun infrastruktur yang sangat dibutuhkan oleh warga, termasuk jalan sepanjang 1.200 meter yang sebelumnya tidak bisa dilalui kendaraan bermotor karena ketiadaan jembatan,” jelasnya.

BACA JUGA:3 Pengedar OKT Diringkus Jajaran Polresta Cirebon di Dukupuntang

Tidak hanya fokus pada pembangunan fisik, TMMD ke-121 juga mencakup program nonfisik yang bertujuan untuk membangun manusia Indonesia seutuhnya. Program ini meliputi ceramah tentang bela negara, wawasan kebangsaan, pemahaman hukum, serta penyuluhan terkait bahaya narkoba dan pertanian.

“Dengan selesainya program TMMD ke-121 ini, kami berharap masyarakat Desa Kubang dapat merasakan manfaat yang signifikan, baik dari segi infrastruktur maupun peningkatan kualitas hidup,” tutup Mayjen TNI Mohammad Fadjar . (dri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: