Baznas Resmikan Rutilahu Percontohan di Gegesik

Baznas Resmikan Rutilahu Percontohan di Gegesik

KUNCI RUMAH BARU: Penjabat (Pj) Bupati Cirebon Drs H Wahyu Mijaya SH MSi memberikan kunci rutilahu percontohan bantuan Baznas Kabupaten Cirebon kepada penerima manfaat, kemarin.-Cecep Nacepi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Cirebon memberikan bantuan program perbaikan rumah tidak layak huni (rutilahu) di Blok Ampelgading Desa Bayalangu Kidul Kecamatan Gegesik.

Pembangunan rutilahu milik M Harun ini, menjadi salah satu rutilahu percontohan di wilayah Kabupaten Cirebon. Pasalnya, pembangunan rutilahu dilakukan dari nol hingga hasil maksimal.  

Keberhasilan pembangunan rutilahu percontohan tersebut, tak lepas peran besar Pemerintah Desa (Pemdes) Bayalangu Kidul yang turut menyelesaikan pembangunannya hingga tahap finishing hingga nampak berdiri megah.

“Rumah ini dibantu oleh Baznas Rp45 juta tapi secara keseluruhan lebih dari Rp45 juta, karena kuwu Bayalangu Kidul membantu mulai dari penyediaan tanah sampai ke tahap finishing,” ujar Penjabat (Pj) Bupati Cirebon Drs H Wahyu Mijaya SH MSi saat menyerahkan kunci rumah milik Harun.

BACA JUGA:Terpidana Kasus Vina Menangis di Persidangan, Jelaskan Detik-detik Penyiksaan oleh Oknum Polisi

Mantan Kadisdik Jawa Barat ini berharap, perbaikan rutilahu di Desa Bayalangu Kidul bisa dijadikan contoh bagi desa-desa lainnya di Kabupaten Cirebon. Sehingga, alokasi anggaran bantuan yang diberikan Baznas bisa dimanfaatkan lebih. Artinya, tidak hanya dengan menggunakan alokasi bantuan yang diberikan saja.

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Cirebon, KH Ahmad Zaeni Dahlan menyampaikan, nilai total anggaran yang disalurkan untuk rutilahu tahap ketiga ini senilai Rp522 juta. “Kalau secara keseluruhan, dari awal tahun kita sudah menyalurkan sekira Rp2 miliar," ujar Ahmad Zaeni Dahlan.

Pihaknya pun akan berupaya memberdayakan masyarakat melalui masing-masing pemdes dengan membentuk unit pengumpul zakat (UPZ). Pembentukan UPZ tersebut dimaksudkan untuk menggali potensi zakat dan infak di Kabupaten Cirebon yang belum tergali maksimal.

Sementara itu, Kuwu Desa Bayalangu Kidul, Sugiarto mengucapkan terima kasih kepada Baznas Kabupaten Cirebon dan Pemkab Cirebon, serta warga setempat yang sudah mendukung pembangunan rutilahu. Menurutnya, penerima manfaat layak diberikan bantuan.

BACA JUGA:RCTV Raih Penghargaan KPID Award 2024 Kategori Program Siaran Religi Televisi, Kalahkan Trans TV Bandung

“Saya ini tetangga dari penerima manfaat. Saya tahu dari awal, bagaimana beliau (Harun) awal ditinggal orang tua, dan bagaimana ia menjalani kehidupan kesulitan masalah ekonomi, tidur di lantai, dan lainnya,” tandasnya. (cep/opl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: