Siap-siap! Balita di Kota Cirebon akan Disurvei oleh BPS, Segini Jumlah Blok Sensusnya

Siap-siap! Balita di Kota Cirebon akan Disurvei oleh BPS, Segini Jumlah Blok Sensusnya

Kadinkes Kota Cirebon dr Siti Maria Listiawaty ditemui radarcirebon.com di kantor Kecamatan Lemahwungkuk, Rabu 9 Oktober 2024.-DEDI HARYADI-RADARCIREBON.COM

Aa Selanjutnya dari sisi balitanya, seperti status gizinya, kondisi kesehatannya, pemberian ASI ekslusif, pemberian makanan tambahan dan lainnya,"jelasnya.

Tak hanya itu, Kadinkes menyebutkan, dilakukan pula pengukuran sanitasinya, lingkungannya, penyediaan air bersihnya, akses rumah tangga itu terhadap air bersih dan lainnya.

‘’Untuk pengukuran ini, meliputi hal-hal yang spesifik yang ada di ranah kesehatan dan hal-hal sensitif diluar kesehatan, termasuk bagaimana makanan itu sampai di rumah."

"Berarti bagaimana rumah tangga itu menyediakan makanan yang berprotein hewani setiap harinya. itu yang akan masuk ke dalam pertanyaan oleh surveyor,’’ sebutnya.

BACA JUGA:Sikapi Konflik Ketua DPRD dan KONI Kota Cirebon, Prabu Diaz Bilang Begini

BACA JUGA:Kasus Penyelewengan Dana Nasabah Bank Cirebon, Kejari Tetapkan 1 Tersangka, Langsung Ditahan

Siti Maria mengatakan, hasil dari SSGI itu akan memberikan gambaran tentang status gizi balita berdasarkan hasil survei, apakah stunting atau tidak. 

Meski di sisi lain, penilaian status gizi balita juga sudah dilakukan secara real melalui penimbangan balita di Posyandu setiap bulan.

‘’Kalau dari EPP GBM, Kota Cirebon di 2023 di angka 11,6 persen. Kita berharap hasil SSGI kali ini tidak jauh dari hasil penimbangan dan pengukuran di Posyandu."

"Berdasarkan SSGI 2023, Kota Cirebon masih di angka 19,9 persen. Kami menargetkan dalam SSGI kali ini bisa mencapai 14 persen," katanya.

BACA JUGA:Blusukan Lagi, Suhendrik Sosialisasikan 21 Program Unggulan di Kampung Melangse

BACA JUGA:Visi BERES Membangun Kampung Tematik. Begini Kata Eti Herawati

Di tempat yang sama, Camat Lemahwungkuk Adam Wallesa menuturkan, pihaknya bersama instansi terkait saat ini sedang mempersiapkan pelaksanaan SSGI di Kecamatan Lemahwungkuk. Survei tersebut juga dilaksanakan di seluruh Indonesia.

‘’Kita akan mempersiapkannya. Saat hasil SSGI keluar, akan menggambarkan kondisi stunting di Kecamatan Lemahwungkuk,’’ tuturnya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase