Waspada! Ternyata Ada Virus dan Bakteri yang Mendiami Kepala Pancuran Shower dan Sikat Gigi

Waspada! Ternyata Ada Virus dan Bakteri yang Mendiami Kepala Pancuran Shower dan Sikat Gigi

Sikat Gigi--radarcirebon.com

Sel bakteri yang tinggal di sikat gigi ternyata bukan hanya berasal dari sisa makanan, air liur manusia, ataupun lembapnya kamar mandi.

BACA JUGA:Praboowo Subianto Dilantik Jadi Presiden RI, Begini Harapan Ketua DPRD Kota Cirebon

Akan tetapi bakteri yang hinggap di sikat gigi juga bisa berasal dari percikan air yang berasal dari selang air, yang mungkin saja air itu sudah mengandung kuman.

Hal itu diperparah lagi jika anda menaruh sikat gigi di sembarang tempat didalam kamar mandi anda.

Karena setiap kali anda menyiram toilet anda, cipratan air itu mengandung aerosol kecil yang dapat menyebar ke udara dan mendarat ke sikat gigi.

Selain penemuan bakteri , penelitian yang dipimpin oleh Erica Hartmann dari Northwestern University, llisionis, Amerika Serikat (AS) juga menunjukan bahwa virus juga turut menghuni sikat gigi anda.

BACA JUGA:Mayor Teddy Jadi Seskab, Kadispenad: Boleh Dijabat Perwira Menengah TNI Aktif

Dalam sebuah penelitiannya, tim ilmuwan tersebut telah melakukan pengambilan sampel dari berbagai kamar mandi dari negara amerika serikat tersebut.

Sampel diambil dari dua benda yang sering digunakan sehari-hari, untuk mandi pertama kepala pancuran shower dan sikat gigi.

Tujuan pengambilan dua benda tersebut adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisa berbagai macam jenis mikroorganisme yang mungkin saja hidup di kedua benda tersebut.

Para peneliti pun mengambil contoh SWAB dari 92 kepala pancuran shower dan 36 sikat gigi untuk kemudian dianalisis di laboratorium.

BACA JUGA:Tangani Sampah Perkotaan, Pemprov Jabar Gandeng Perguruan Tinggi

Salah satu tokoh peneliti utama, yang bernama Hartmann, yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang paru-paru dan perawatan kritis, ikut memimpin penelitian ini juga.

Setelah melakukan serangkaian pengujian DNA dari setiap sampel kepala pancuran shower dan sikat gigi, para ilmuwan berhasil menemukan sebuah penemuan yang sangat mengejutkan.

Dimana mereka mengidentifikasi ada lebih dari 600 jenis virus yang menginfeksi bakteri. Virus-virus ini dikenal dengan sebutan bakteriofag.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: